Sukses

Musim Liburan, Low Cost Airline Paling Banyak Ajukan Penerbangan Tambahan

Lonjakan penumpang di 16 bandara yang berada di naungan Angkasa Pura II diprediksi mencapai 6,68 juta penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya murah atau low cost airline mendominasi permintaan tambahan penerbangan (ekstra flight) pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Total, ada 1.430 penerbangan tambahan yang diajukan oleh seluruh maskapai yang beroperasi di Indonesia.

"Memang kita lihat Batik Air memiliki 360 extra flight, dia paling banyak. Disusul dengan Citilink dan Sriwijaya. Memang berdasarkan tren kebutuhan masyarakat yang ingin mudik Nataru menggunakan maskapai low cost," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Kamis (20/12/2018).

Bila dirinci, pada liburan tahun ini, permintaan extra flight untuk kedatangan 719 penerbangan dan keberangkatan sebanyak 711 penerbangan. Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan dari dalam dan luar negeri.

Jumlah tersebut, lanjut Awaluddin, adalah angka yang sudah disetujui Kementerian Perhubungan. Namun, belum tentu diisi seluruhnya oleh maskapai. Bisa jadi seiring berjalannya liburan, ada maskapai yang ingin tambah jam terbang, masih masuk dalam angka yang sudah disetujui Kementerian Perhubungan di atas.

Selain itu, pada periode Nataru juga sejumlah bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II akan beroperasi selama 24 jam seperti Bandara Kualanamu, Medan dan Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Juga akan disesuaikan dengan jam operasional darat, seperti transportasi untuk membawa penumpang keluar dari bandara.

"Jam operasional di Bandara Soekarno Hatta memang menjadi 24 jam karena banyak yang baru landing pukul 01.00 WIB, sementara kita harus berkoordinasi dengan semuanya seperti angkutan darat yang mengantar penumpang ke terminal," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lonjakan Jam Terbang

Meski ada lonjakan jam terbang pesawat, Awaluddin mengatakan, pergerakannya masih di bawah pergerakan lonjakan penumpang. Hal tersebut pertanda baik, itu berarti performa maskapai tidak ada masalah sama sekali.

Sebab, untuk Nataru kali ini, lonjakan penumpang di 16 bandara yang berada di naungan Angkasa Pura II diprediksi mencapai 6,68 juta penumpang.

Dengan angka paling besar berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta sebanyak 4.6 juta orang, Kualanamu Medan sebanyak 794 ribu penumpang serta Halim Perdana Kesuma Jakarta sebanyak 544 ribu orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.