Mentan Jamin Stok Beras Mencukupi untuk Natal dan Tahun Baru

Oleh Septian Deny pada 20 Des 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Des 2018, 03:13 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengunjungi Palu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok beras nasional mencukupi untuk Natal dan tahun baru 2019. Saat ini stok beras nasional mencapai 2,3 juta ton.

"Jumlah ketersediaan beras sebanyak 2,3 juta ton itu menjamin agar masyarakat tak perlu resah bakal terjadi gejolak pangan," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Dia mengatakan, kondisi tersebut juga telah disampaikan ketika rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. "Kita rapat persiapan menjelang tahun baru 2019. Melihat stok beras semua tadi (berjumlah) 2,3 juta ton," lanjut dia.

Beras sebesar 2,3 juta ton itu kini tersimpan di gudang milik Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Dia optimis jika stok yang ada kini mencukupi sebab batas penyimpanan beras di gudang Bulog adalah 1,5 juta ton.

"Standarisasinya di gudang Bulog itu hanya 1,5 juta ton beras," kata dia.

Selain itu, lanjut Amran, ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang juga masih berlimpah. Saat ini tercatat stok beras di pasar induk tersebut di atas 50 ribu ton.

"Standarisasi ketersediaan beras di pasar induk Cipinang rata-rata adalah 20-25 ribu ton," tandas dia.

2 of 2

Kementan Jamin Tak Ada Gejolak Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras Aman
Pekerja duduk ditumpukan beras di pasar induk cipinang, Jakarta, Kamis (13/12). Direktur Pasar Induk Beras Cipinang Arief Prasetyo Adi memastikan, ketersediaan beras di pasar masih aman jelang Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2019, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan pangan dan komoditas hortikultura mencukupi di pasaran.

Jenis pangan dan hortikultiura yang dijamin aman tersebut antara lainnya, daging ayam, daging sapi, telur, cabai keriting dan rawit maupun beras.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita mengatakan, dengan cukupnya ketersediaan komoditas tersebut, pihaknya menjamin jika harga tidak akan bergejolak sehingga tetap terjangkau oleh daya beli masyarakat.

"Ketersediaan daging sapi dan kerbau menghadapi Natal dan tahun baru 2019 mencukupi. Berdasarkan perhitungan ketersediaan dan kebutuhan terdapat surplus sebanyak 11.219 ton," ujar dia di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Ketut mengungkapkan, untuk ayam, produksi day old chicken (DOC) atau ayam umur sehari di tingkat akhir pedagang ayam sebanyak 3.281.345.300.

"Begitu juga dengan stabilitas pasokan pangan serta harga, pemerintah telah berkomitmen untuk menjaga tetap terkendali dengan melakukan sinergi bersama kepolisian di setiap daerah guna memantau di pasaran," kata dia.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi menyebutkan, kondisi saat ini produksi berbagai jenis cabai di tingkat petani amat melimpah.

"Pasokan cabai ke pasar Jabodetabek lancar dan mencapai 290 ton per harinya atau 8.700 ton per bulan," ucap dia.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by