PLN Pastikan Listrik di Sulawesi-Gorontalo Tak Padam Saat Tahun Baru

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 19 Des 2018, 19:12 WIB
Diperbarui 20 Des 2018, 01:16 WIB
PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyiapkan Kehandalan pasokan listrik ‎wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Direktur PLN Bisnis Regional Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan sejumlah persiapan untuk meminimalisir adanya gangguan, yaitu pemeliharaan jaringan distribusi meliputi pemangkasan pohon dan penggantian material, yang difokuskan pada dua bulan sebelum Natal.

‎"Selain itu, PLN membuat 53 Posko Siaga Natal yang tersebar di wilayah Sulut, Sulteng dan Gorontalo. Sebanyak 2.656 orang personil juga disiagakan, yang terdiri dari pimpinan, pengawas, pengatur dan pelaksana," kata Huda, di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

‎Menurutnya, secara umum sistem kelistrikan di Sulawesi siap menghadapi siaga Natal dan Tahun Baru 2019, sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Utara - Gorontalo memiliki cadangan daya hingga mencapai 56 Mega Watt (MW), dengan daya mampu pembangkitan kita sebesar 441 MW dan perkiraan Beban Puncak yaitu 387 MW.

"Sedangkan sistem kelistrikan Sulawesi Tengah saat ini juga memiliki cadangan daya mencapai 37 MW, dengan daya mampu sebesar 157 MW dan perkiraan beban puncak 121 MW," tuturnya.

 

2 of 3

Masyarakat Bisa Nikmati Liburan

20170621-PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya-Antonius
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dengan persiapan yang telah dilakukan PLN, Huda berharap tidak ada gangguan pasokan listrik, sehingga masyarakat bisa menikmati masa liburan panjang Natal dan Tahun Baru.

“Kami himbau juga kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kemanan instalasi rumah masing-masing. Terlebih dengan adanya penambahan beban lampu-lampu dan sound sistem, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga perayaan Natal dapat berjalan lancar dan semestinya, Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tandasnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by