Sukses

Ini Cara agar Dapatkan Dividen Saham dari Perusahaan

Untuk mendapatkan dividen, lakukan beberapa langkah penting berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun Anda masih berstatus sebagai investor pemula, bukanlah suatu halangan untuk memperoleh dividen dari perusahaan.

Mungkin selama ini, Anda masih terjebak pemikiran  dividen hanya untuk investor berduit banyak saja. Padahal tidak begitu kenyataannya.

Dikutip dari Swara Tunaiku, untuk mendapatkan dividen, lakukan beberapa langkah penting berikut ini.

1. Miliki Dulu Mindset yang Tepat

Daripada terlalu jauh memikirkan upaya untuk memperoleh dividen, lebih baik tanyakan ke diri sendiri dulu, apa investasi yang Anda lakukan sudah berdasarkan mindset yang benar? Jangan-jangan selama ini masih terjebak oleh pemikiran dividen hanya berlaku untuk investor besar dan investor lama.

Padahal, investor itu, seberapa pun kecilnya saham, tetap bisa mendapatkan dividen. Hanya saja, jumlah dividennya tetap berbeda dengan investor lama atau yang bermodal besar. Meskipun Anda hanya berinvestasi sehari, tetap bisa dapat dividen. Pastikan kalau Anda sudah memerhatikan ex cum date dan cum date-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pantau Emiten

Dalam setahun, sebuah perusahaan bisa jadi memberikan dividen hingga 2 kali. Oleh karena itu, Anda wajib memantau emiten dalam kurun waktu tersebut.

Dengan mengetahui jadwal pemerolehan dividen, proses pembelian saham pun bisa disesuaikan dengan cum date. Saat ini, sudah ada aplikasinya kok kalau hanya untuk memantau jadwal tersebut.

3. Pahami Dulu Cum Date

Cum date itu merupakan tanggal ketika suatu perusahaan menetapkan investor yang akan diberi dividen. Lantaran pemberian dividen ini berlaku untuk setiap perusahaan yang disesuaikan dengan cum date. Besar atau kecil saham yang Anda miliki, asalkan bertepatan dengan cum date, tetap akan mendapatkan dividen.

Dengan kata lain, cum date memang menjadi kunci utama pemerolehan hak dividen. Penutupannya bisa dipantau lewat Bursa Efek Indonesia (15:49:58).

Ketika saham yang kamu Anda sebelum perdagangan di BEI tutup, secara otomatis namamu akan dimasukkan ke dalam recording date sebagai calon penerima dividen.

3 dari 3 halaman

4. Pahami juga Ex Cum Date

Ex cum date itu sudah mulai berlaku meski hanya selang satu hari usai cum date. Ketika Anda beli saham pada waktu cum date, tetap memperoleh dividen setelah menjual saham di waktu ex cum date.

Bahkan pada menit pertama usai cum date berakhir juga dapat dividen. Tentu besarannya dividen untuk masing-masing investor itu berbeda.

Hal yang paling penting untuk dicermati adalah namamu sudah tercantum dalam recording date atau belum. Kalau sudah masuk, secara otomatis akan mendapatkan dividen.

Meskipun terasa mudah, tapi biasanya perusahaan memasang harga jual ketika cum date. Dengan begitu, harga keesokan harinya atau ex cum date bakal anjlok.

Namun, kalau Anda bisa menyiasatinya dan memilih perusahaan yang tepat, kemungkinan dapat dividen tetap besar. Kamu hanya perlu memahami strategi serta cara kerja yang benar untuk mendapatkan dividen.

Begitu sudah menguasai dan berkembang menjadi seorang ahli, siap-siap saja bakal kebanjiran untung dari perusahaan pemberi dividen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.