Manfaatkan Libur Kuliah dengan 5 Hal Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 20 Des 2018, 08:40 WIB
Diperbarui 21 Des 2018, 06:13 WIB
[Bintang] Ilustrasi Ibu dan Anak

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tidak suka dengan liburan? Begitu tahu tanggalnya, pasti langsung bisa mencium aroma pantai dari jendela kelas.

Namun, bagaimana kalau tugas liburan, uang jajan, dan daftar liburan sudah habis sedangkan masa liburan masih lama? Kalau diam saja di kamar dan menghabiskan hari-hari sisa liburan pasti jadi sangat membosankan.

Tenang saja. Masih ada hal bermanfaat sekaligus mengasyikkan yang bisa Anda lakukan ketika masa liburan masih tersisa.

Setelah baca artikel ini, Anda bakal tahu kalau masih ada hal-hal yang bisa membuat hari-hari Anda lebih produktif sekaligus bisa mengisi kekosongan di sisa liburan.

Berikut ini kegiatan yang pastinya bermanfaat dan patut Anda coba menurut Swara Tunaiku.

1. Bikin Kudapan Sendiri

 

Memasak
Ilustrasi memasak (iStockphoto)

Apa Anda suka ngemil? Pasti suka, kan? Kenapa tidak bikin sendiri saja? Untuk mengisi sisa hari liburan, yuk browsing-browsing resep makanan kesukaan Anda lalu mulai bereksperimen.

Kudapan hasil kerja tangan sendiri memang tidak sesempurna yang ada di toko-toko. Namun, percayalah, bahwa rasanya akan tetap membekas hingga liburan semester berikutnya.

2 of 5

2. Berkebun

[Bintang] Penghijauan di Bandung
Ilustrasi tanaman langka yang akan ditanam sebagai upaya penghijauan Bandung. (Flickr)

Ada yang mengatakan kalau berkebun itu membosankan. Biasanya sih orang yang seperti itu belum pernah merasakan puasnya ketika melihat bagaimana tunas kecil bisa berkembang dan membesar hingga berbuah.

Kalau penasaran, coba tanam bunga atau pohon buah di pot ukuran kecil terlebih dahulu. Sekarang ini, banyak kok yang jual bibit maupun peralatannya.

Apabila Anda belum pernah bercocok tanam sebelumnya, Anda bisa memulai dengan menanam bunga lavender atau tanaman lidah buaya.

Manfaatkan bibit serta peralatan yang sudah tersedia luas di toko-toko. Kemudian, rajin-rajinlah menyiram serta memupuknya. Tunggu dan lihat ketika mereka tumbuh dan berbunga dengan indahnya.

3 of 5

3. Olahraga

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Biasanya, ketika liburan tiba, justru banyak orang yang tidak menjaga kebugaran tubuhnya. Alasannya: “kan masih liburan.” Alhasil, intensitas gerakan pun berkurang. Oleh karena itu, tidak heran kalau berat badan naik dan perut pun membuncit.

Sebelum terlanjur membesar dan bikin hidup Anda kurang nyaman, yuk mulai sekarang berolahraga untuk mengisi hari-hari liburan yang tersisa.

Manfaat olahraga itu sangat banyak. Selain bisa untuk menjaga mood, olahraga juga bisa bikin fisik jadi sehat. Tidak perlu repot-repot melakukan olahraga khusus. Cukup dengan jogging secara rutin per hari bersama keluarga atau teman juga bisa dilakukan. Siapa tahu, ketika Anda jogging bisa dapat gebetan baru.

4 of 5

4. Berbagi dengan Orang Tua

Hubungan Ibu dan Anak Perempuan
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Daripada waktu hanya dianggurin, bukankah lebih baik digunakan untuk sharing dengan orang tua? Kan sayang kalau punya banyak waktu di rumah tapi bingung mau diapakan.

Sebagai anak muda, pasti Anda punya banyak hal yang bisa didiskusikan. Siapa tahu dalam kesempatan tersebut, Anda bisa mengambil pelajaran baru dari mereka.

Bagaimanapun, orang tua seperti mereka kan pernah muda dan pernah mengalami hal-hal yang kemungkinan besar Anda alami. Selain bisa mengobrol hangat dan ringan, berbagi dengan mereka bisa menambah keakraban yang sebelumnya mungkin kurang terjalin. Siapa tahu gara-gara itu, jatah uang semester Anda naik.

5 of 5

5. Menjadi Seorang Relawan

[Bintang] Natal
Ilustrasi relawan Muslim dan Yahudi yang siapkan makanan di perayaan Natal. (islamophobiatoday.com)

Sisa liburan juga bisa Anda gunakan untuk menjadi hero atau pahlawan. Salah satunya dengan menjadi relawan.

Selain bisa menambah pengalaman, kegiatan ini juga bisa bikin Anda lebih dewasa. Peluang punya banyak teman baru pun terbuka selebar-lebarnya. Alhasil, liburan kuliah jadi lebih berkesan. Apalagi ketika kembali menghadapi hari-hari kuliah lagi.

Liburan kuliah bukan berarti free dari segala hal. Justru ketika tidak digunakan untuk beraktivitas, yang ada hari-hari Anda akan sangat membosankan.

Dengan melakukan kelima kegiatan di atas, dijamin sisa liburan yang ada jadi terasa spesial. Anda pun bisa membagi ide tersebut ke teman-teman agar mereka turut merasakan keseruan selama liburan penuh.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by