Merak hingga Pasuruan, Tarif Tol Trans Jawa Rp 575 Ribu

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 18 Des 2018, 15:58 WIB
Diperbarui 18 Des 2018, 15:58 WIB
(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Perbesar
Menyusuri Tol Trans Jawa (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan Tol Trans Jawa sudah bisa tersambung sepanjang 901,03 km dari Merak hingga Gerbang Tol (GT) Grati di Pasuruan pada waktu Natal dan Tahun Baru 2019. Adapun total tarif Tol Trans Jawa dari ujung ke ujung yakni Rp 575 ribu.

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengungkapkan, akan ada empat cluster di Tol Trans Jawa yang nantinya bisa dilalui pengguna tol pada saat Libur Akhir Tahun.

"Saat Natal dan Tahun Baru nanti, cluster di Trans Jawa masih ada empat. Cluster pertama yakni Cikarang Utama-Palimanan, lalu kedua ada Palimanan-Kalikangkung. Cluster ketiga, yaitu Banyumanik-Warung Gunung, keempat Kejapanan-Pasuruan," jelas dia di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Meski sudah tersambung dan bisa dilalui hingga Pasuruan, masih ada sebanyak 5 ruas tol yang akan dioperasikan fungsional alias tanpa tarif.

Kelima ruas tol itu antara lain Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo (Grati).

 

 
Tol Trans Jawa (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)
Perbesar
Tol Trans Jawa (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Dalam waktu dekat ini, Subakti melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan salah satu ruas tersebut, yakni Tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono pada 20 Desember 2018 besok.

"Nanti tanggal 20 Desember pak Jokowi bakal meresmikan Tol Wilangan-Kertosono. Setelah diresmikan, pada malam itu juga tol direncakan sudah bisa dioperasikan fungsional tanpa tarif," lanjut dia.

"Secara aturan kan ruas tol baru itu memang harus dioperasikan fungsional dulu sekitar satu pekan. Jadi kelima ruas tol yang nanti fungsional itu baru akan dikenakan tarif pada Januari 2019," dia menambahkan.

Dengan begitu, dia menghitung, total tarif Tol Trans Jawa bagi pengguna tol yang ingin melewatinya dari Merak sampai Grati di Pasuruan yakni sebesar Rp 575 ribu.

"Kalau masih ada lima ruas yang belum bertarif itu, total tarif dari Tol Jakarta-Cilampek sampai Pasuruan itu Rp 512 ribu untuk kendaraan golongan I. Kalau dari Merak, itu sekitar Rp 575 ribu," pungkas dia.

 
2 dari 2 halaman

Menengok Ruas Tol Bandar-Mojokerto yang Diresmikan Jokowi Kamis Besok

(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Perbesar
Menyusuri Tol Trans Jawa (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalan tol Trans Jawa yang membentangkan sepanjang 850 kilometer (km) pada Kamis 2 Desember 2018. Jalan tol ini menyambung dari Jakarta hingga Surabaya.

Rencananya Jokowi beserta 120 mobil rombongan akan melakukan roadshow yang di mulai dari Surabaya menuju Jakarta. Dari sepanjang jalan ini, tercatat ada tujuh ruas jalan tol yang akan diresmikan Jokowi.

Ruas jalan tol pertama yang akan diresmikan Jokowi adalah di ruas Jombang - Mojokerto seksi Bandar - Mojokerto. Dari pantauan di lapangan, waktu tempuh dari Surabaya atau lebih tepatnya di Gerbang Tol Warugunung menuju ke ruas jalan tol tersebut cuma membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Dari Gerbang Tol Warugunung hingga ke Gerbang Tol Bandar Kertosono, nampak terlihat sistem pembayaran sudah menggunakan E - Tol semuanya. Jalanan pun menggunakan kombinasi aspal dan beton.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online