Sukses

Kaleidoskop Bisnis: Seleksi CPNS hingga Daftar Orang Terkaya RI Curi Perhatian

Dari seleksi CPNS 2018 hingga daftar terbaru orang terkaya dunia paling sedot perhatian sepanjang 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2018 segera berganti. Sepanjang tahun ini beragam peristiwa dan kebijakan terutama berkaitan ekonomi, keuangan dan lainnya mengiringi perjalanan sepanjang 2018.

Kali ini kanal bisnis Liputan6.com merangkum peristiwa, kebijakan, pembangunan infrastruktur, dan topik lainnya yang menyedot perhatian. Pada awal tahun 2018, rencana pemerintah mengubah skema dana pensiun pegawai negeri sipil (PNS) menarik perhatian masyarakat. Pemerintah menuturkan, perubahan skema dana pensiun tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan pensiunan PNS.

Tak hanya itu, pemerintah juga akhirnya resmi membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018. Kuota penerimaan seleksi CPNS 2018 mencapai 238.015 kursi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan kuota penerimaan tersebut termasuk terbesar selama ini.  Pemerintah pun membuat situs sccn dalam penerimaan seleksi CPNS 2018.

Setiap penerimaan CPNS, seperti yang diketahui selalu diserbu dan diminati banyak pelamar. Alhasil, pelamar CPNS 2018 pun masuk yang terbesar. Pusat data SCCN BKN mencatat akun pelamar CPNS 2018 mencapai 4.436.694 pelamar. Sementara pelamar CPNS 2018 pada 2017 hanya 2,4 juta.

Selain artikel berkaitan dengan PNS dan penerimaan CPNS 2018, produsen majalah Time gulung tikar juga jadi sorotan.

Pada 2018 ini, ada juga tokoh yang sangat menarik perhatian. Hal ini lantaran keinginannya untuk melunasi utang Indonesia. Tokoh tersebut yaitu Sam Aliano. Yuk simak artikel sepanjang 2018 yang jadi sorotan di kanal bisnis.

Januari 2018:  Pemerintah ubah skema pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) 

Rencana pemerintah bergulir sejak 2017 ini kembali menyita perhatian. Selama ini pemerintah memakai skema pay as you go untuk anggaran pensiunan PNS. Skema ini dinilai anggarannya terlalu besar dan berubah-ubah tiap tahun. Hal ini lantaran pemerintah harus menalangi uang pensiun para abdi negara jika ada kekurangan.

Pemerintah pun akan mengganti skema pay us you go dengan skema baru yaitu fully handed. Dengan skema ini, PNS dan pemerintah akan bayar iuran uang pensiun secara bersama di depan seperti halnya dilakukan di perusahaan swasta. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan perubahan skema pensiun untuk PNS diumumkan pada 2018.

Pada 22 Januari 2018, ketika itu Menteri PAN-RB Asman Abnur belum menerangkan secara rinci perubahan skema pensiun tersebut. Namun, ia memastikan skema pensiun akan beri motivasi bagi PNS untuk bekerja lebih baik lagi. Skema pensiun itu sudah tahap final. Melalui skema baru diharapkan manfaat yang diterima PNS lebih besar.

"Terakhir kita dengan dengan Kementerian Keuangan sedang memperbaiki sistem pensiun ASN. Sehingga model pensiun yang baru ini akan beri motivasi ASN bekerja lebih baik lagi," ujar dia.

Asman menambahkan skema pensiun ini akan perhitungkan masa kerja dan jumlah iuran. PNS akan terima manfaat maksimal saat pensiun.

"Kita berharap dihitung juga berdasarkan masa kerja dan jumlah iuran yang sekarang mungkin dikelola tidak sebagaimana mestinya. Dana pensiun masih dikelola Taspen tidak dikembalikan kemakmurannya untuk ASN,” ujar dia.

"Ke depan, kita akan ubah model ini agar manfaat dana pensiun memberikan nilai tambah ASN,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menuturkan, skema pensiun PNS yang baru dibahas internal pemerintah. “Skema pensiun masih dibahas di internal pemerintah,” ujar dia.

Walaupun tengah dibahas, Askolani menuturkan, program skema baru untuk pensiun PNS akan diterapkan pada 2018. Tentu saja hal itu harus menunggu restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat melaksanakannya.

Februari 2018: Produsen majalah Time gulung tikar

Memasuki bulan kedua, Time Inc sebagai produsen majalah Time bangkrut hingga akhirnya diakuisisi oleh perusahaan media asal Amerika Serikat (AS) Meredith Corp.

Berita penyelesaian akuisisi Time Inc itu menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Pada 1 Februari 2018, Meredith Corp sudah mulai menjalankan operasional baru yang gabungkan dua perusahaan itu.

Mereditch Corp akuisisi dengan beli saham Time Inc senilai USD 2,8 miliar. Akuisisi tersebut secara tidak langsung berdampak pada merek media lain yang dinaungi Time Inc antara lain Fortune, Sport Illustrated, dan People.

Mengutip laman Financial Time, ada sejumlah masalah yang dihadapi Time terutama dalam proses tumbuh kembangnya. Contohnya peluncuran web Pathfinder gagasan editor Time Walter Issacson yang tak laku dan merugi USD 15 juta per tahun.

Time juga alami krisis keuangan pada 2008 sehingga perusahaan besar antara lain IBM, Apple dan Toyota menarik iklannya di Time Inc. Hal ini membuat pendapatan turun drastic. Profesor Media dan Jurnalisme dari North Carolina University Chris Roush menuturkan, keterlambatan menyesuaikan perkembangan zaman yang ada membuat Time Inc bangkrut.

"Time Inc sangat lambat merangkul internet dan telat melihat kalau internet menjadi format utama di masa depan,” ujar Chris.

CEO baru Time Inc, Harty menuturkan banyak hal mesti dikerjakan. Salah satunya dengan melihat lagi aset yang ada dan menentukan langkah prioritas. “Kami berencana untuk mereview kembali aset-aset kami dan melepaskannya pada kepentingan lain yang lebih penting,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Posisi untuk Seleksi CPNS 2018 hingga Sam Aliano Bikin Penasaran

Maret 2018: Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Usai Pilkada, Untuk Posisi Apa Saja?

Memasuki bulan ketiga 2018, kabar penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pun bikin penasaran. Pemerintah berencana buka penerimaan CPNS 2018 usai pemilihan kepala daerah (Pilkada). Penerimaan CPNS 2018 pun berbeda dari tahun sebelumnya. Menteri PAN RB Asman Abnur saat itu menuturkan, kalau penerimaan CPNS 2018 berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan kementerian atau lembaga.

Setiap pengajuan formasi dari kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (Pemda) harus detail sehingga bisa diketahui CPNS itu akan ditempatkan di posisi mana.

"Pertama, kompetensi. Kemudian kedua, cocok tidak dengan bidang tugas yang ditawarkan. Itu harus kita cocokkan. Kemudian unit-unit kerja mana saja yang membutuhkan," ujar dia.

Langkah itu dilakukan pemerintah agar PNS tersebut tidak pindah-pindah posisi. Selain itu, PNS diharapkan bisa langsung bekerja maksimal.

April 2018: Sam Aliano, Capres Partai Rhoma Irama yang Janji Lunasi Utang RI

Pada April 2018, sosok Sam Aliano yang ingin lunasi utang Indonesia mendadak jadi pusat perhatian masyarakat. Ia ingin melunasi utang Indonesia yang mencapai Rp 9.000 triliun jika terpilih sebagai Presiden periode 2019-2023.

Lalu siapa Sam Aliano yang tiba-tiba mendadak terkenal ini? Sam Aliano ternyata bendahara umum Partai Idaman yang dibentuk Raja Dangdut Rhoma Irama.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia  Muda. Sosoknya yang soroti soal utang Indonesia ini menarik perhatian. Lantaran ia berjanji akan hapus utang Indonesia sebagai modalnya maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Janji itu Sam Aliano tuliskan dalam baliho kampanye yang tersebar di Jakarta. Yang terlihat di baliho Jalan Warung Jati Barat, Pancoran, Jakarta Selatan. "Itu janji saya! Menghapus utang Indonesia. Karena tujuan saya, Indonesia bebas utang, bebas korupsi, rakyat sejahtera, Indonesia jaya," tegas pria kelahiran 19 Juli 1974.

Mengumbar janji pas kampanye memang hal biasa. Akan tetapi, Sam Aliano seharusnya tahu kalau utang Indonesia itu bukan recehan. Tercatat utang Indonesia itu terdiri dari utang pemerintah pusat capai Rp 4.136,39 triliun dan utang luar negeri Indonesia yang sentuh Rp 4.907,42 triliun. Selain melunasi utang, Sam Aliano juga ingin gratiskan biaya umrah untuk seluruh warga Indonesia yang memilihnya.

 

3 dari 6 halaman

Keluarga Terkaya di Dunia hingga Respons BI Stempel Uang Berganti Presiden Tuai Perhatian

Mei 2018: Hebat Keluarga Ini Lebih Tajir dari Orang Terkaya Dunia

Memasuki bulan kelima 2018, salah satu keluarga bikin penasaran. Hal ini lantaran kekayaan keluarga tersebut melebihi orang terkaya di dunia yaitu Jeff Bezos. Bos Amazon.com ini memang orang terkaya di dunia secara individu.

Namun, berdasarkan versi Sunday Times, keluarga Walton merupakan orang terkaya di dunia dengan total kekayaan hampir USD 175 miliar. Kekayaan keluarga Walton tersebut berasal dari usaha ritel Walmart. Perusahaan tersebut didirikan yang memulai bisnisnya di Arkansas pada 1962.

Walmart dan istrinya membesarkan empat anak yakni Rob, John, Jim dan Alice. Pewaris Walmart, Alice Walton pun menduduki peringkat pertama wania terkaya di dunia.

Juni 2018: Kata BI soal Uang Berstempel Ganti Presiden

Usai keluarga paling tajir di dunia mendapat sorotan, kini uang berstempel ganti presiden 2019 pun menjadi perhatian publik pada pertengahan 2018. Masyarakat dihebohkan lembaran berbentuk uang kertas pecahan Rp 50 ribu yang ada tulisan "Prabowo: Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil".

Bank Indonesia (BI) pun angkat bicara mengenai adanya uang berstempel tersebut. Kasus uang berstempel ini pernah terjadi sebelumnya dan kini terjadi lagi.

“Ya, intinya kalau uang sudah rusak atau ada diberi stempel atau masuk di BI, pasti dimusnahkan dan pasti dianggap tidak lagi layak edar,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman.

Sementara itu, Deputi Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara, Buwono Budi Santoso menyebut BI tidak pernah mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto.

 

4 dari 6 halaman

Jembatan Kalikuto dan Kerennya LRT Palembang Bikin Kagum

Juli 2018: Jembatan Kalikuto Cetak Sejarah di RI

Dari mata uang berstempel ganti presiden yang sempat bikin heboh pada Juni 2018, kemudian beralih kepada pembangunan infrastruktur yang digenjot pemerintahan untuk membangun peradaban dan membuka akses ekonomi yang luas dan merata.

Salah satu pembangunan infrastruktur yang kini sedang gencar dilakukan yaitu tol Trans Jawa. Salah satu penunjang untuk pembangunan tol Trans Jawa yaitu dengan ada kehadiran Jembatan Kalikuto. Jembatan tersebut merupakan titik penting dalam pembangunan ruas tol Pejagan hingga Semarang.

Tak hanya itu, jembatan ini juga merupakan jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya dirakit pada lokasi pemasangan.Oleh karena itu, jembatan ini menjadi salah satu jembatan yang cetak sejarah sehingga menarik perhatian pada Juli.

"Pemasangan jembatan kalikuto setiap bangunnya dilakukan secara bertahap mulai dari segmen I hingga segmen ke-12. Ini merupakan jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya dirakit pada lokasi pemasangan. Jembatan kalikuto dibangun dengan teknik yang hampir sama dengan Jembatan Holtecamp di Papua dan terdiri dari enam jalur, tiga jalur di arah kiri dan tiga jalur di arah kanan,” ujar Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk, I Gusti Ngurah Putra.

Ruas tol Pejagan-Pemalang membentang dari Pejagan di Jawa Barat hingga Pemalang di Jawa Tengah. Ruas ini juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ruas Kanci -Pejagan dengan ruas Pemalang -Batang. Pemegang konsesi ruas ini adalah PT Pejagan Pemalang Tol Road yang saat ini sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Transjawa Toll Road, salah satu anak perusahaan PT Waskita Toll Road.

Ruas ini diambilalih PT Waskita Toll Road pada  2014. kemajuan pembangunan dengan cepat sehingga seksi 1 dan 2 dapat mulai beroperasi pada Juli 2016. Sementara seksi 3 dan 4 resmi beroperasi pada Juli 2018.

Seksi 3 dimulai dari simpang susun Brebes Timur (Breksit) sampai ke simpang susun Adiwerna sepanjang 10,4 km. Sedangkan seksi 4 dimulai dari simpang susun Adiwerna hingga Sewaka Pemalang sepanjang 27,6 km. Investasi untuk proyek tersebut mencapai Rp 7,62 triliun.

Agustus 2018: Mengintip Kerennya LRT Palembang, Moda Transportasi Teranyar RI

Transportasi Indonesia makin berkembang pun menarik perhatian publik pada Agustus 2018. Hal ini salah satu dari pembangunan infrastruktur transportasi light rail transit (LRT) atau kereta ringan di Palembang, Sumatera Selatan yang selesai dikerjakan. Kehadiran LRT di kota asal pempek ini juga untuk menyambut penyelenggaran Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Palembang dan Jakarta pada 18 Agustus-2 September 2018.

 

 

LRT pertama Indonesia tersebut resmi beroperasi komersial pada 1 Agustus 2018. LRT ini juga merupakan karya anak bangsa yang nilai pembangunannya mencapai Rp 10,9 triliun.

Konstruksi LRT dilaksanakan oleh PT Waskita Karya Tbk, sedangkan trainset atau gerbong dibuat di pabrik PT INKA (Persero) di Madiun, dan PT Len Industri menyiapkan sistem sinyal, telekomunikasi, kelistrikan gardu, signal on dept dan prasarana untuk tiket elektronik.

LRT Palembang memiliki jalur sepanjang 23,4 kilometer (km) dengan 13 stasiunm 9 gardu listrik, dan 1 depo. Dari 13 stasiun, baru 6 stasiun beroperasi mulai 1 Agustus 2018 yakni stasiun DJKA, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Untuk meningkatkan keamanan operasional, LRT Palembang juga dilengkapi fitur canggih dengan alat pemantau kecepatan atau automatic train protection.

5 dari 6 halaman

Penerimaan CPNS 2018 hingga Kecelakaan Pesawat Lion Air Sedot Perhatian

September 2018: 16 Pemerintah Daerah Umumkan Formasi CPNS 2018

Memasuki September 2018, pengumuman CPNS kembali tuai perhatian. 16 pemerintah daerah (pemda) umumkan jumlah formasi yang akan dibuka untuk seleksi CPNS 2018 bikin penasaran pembaca.

Seperti diketahui, ada 76 kementerian dan 525 pemda yang membuka pendaftaran CPNS 2018. Pengumuman penerimaan CPNS 2018 pun dapat diakses pada portal sscn.bkn.go.id dan mulai dibuka pada 19 September 2018.

Oktober 2018: Sebelum Jatuh, Pilot Lion Air JT 610 Sempat Minta Kembali ke Bandara

Usai kabar gembira resmi dibukanya penerimaan CPNS 2018 pada September 2018, Indonesia berduka. Memasuki Oktober 2018, pesawat Lion Air JT 610 PQ-LKP alami kecelakaan pada Senin 29 Oktober 2018. Pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang itu jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

 

Pesawat tersebut membawa 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dua bayi. Kemudian dua pikot dan lima flight attendant. Pesawat tipe Boeing 737 Max 8 tersebut terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang.

Sebelum hilang kontak, kru pesawat sempat meminta kembali ke bandara (return to base) sebelum akhirnya hilang dari radar. Pesawat Lion Air itu dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinato 05 46.15 S-107 07.16 E. Kru pesawat sempat meminta return to base sebelum akhirnya hilang dari radar.

 

6 dari 6 halaman

Aturan Baru Kelulusan CPNS 2018 hingga Daftar Orang Terkaya RI Jadi Sorotan

November 2018: Bocoran Aturan Baru Kelulusan CPNS 2018 dengan Sistem Ranking

Memasuki akhir tahun 2019, rilis aturan baru soal kelulusan CPNS 2018 dan daftar terbaru orang terkaya Indonesia versi Forbes menyita perhatian pembaca.

Pada November 2018, pemerintah merilis aturan baru soal kelulusan CPNS 2018. Hal itu pun menjadi sorotan mengingat tingkat kesulitan seleksi kompetensi dasar (SKD) PNS sangat tinggi dibandingkan soal SKD 2017.

Hal ini mengakibatkan terbatasnya jumlah kelulusan peserta seleksi penerimaan CPNS 2018. Selain itu, terjadinya disparitas hasil kelulusan antar wilayah sehingga berpotensi tidak terpenuhinya kebutuhan yang ditetapkan.

Di lain pihak, alokasi penetapan kebutuhan pada kementerian, lembaga, pemerintah daerah perlu dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan PNS yang memadai.

Oleh karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafrudin meneken peraturan menteri PANRB (Permenpan) Nomor 61 Tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan/formasi PNS dalam Seleksi CPNS 2018. Adapun peserta yang masih punya peluang untuk ikuti ujian SKB dengan sistem ranking.

Desember 2018: Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia versi Forbes

Pada Desember 2018, daftar terbaru orang terkaya Indonesia versi Forbes menjadi sorotan. Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

 

Aset bersih 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes mencatatkan rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau Rp 1.874 triliun (kurs Rp 14.528 per dolar AS). Aset itu naik USD 3 miliar dari tahun lalu. Kenaikan itu ditunjang dari pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pasar modal setahun terakhir.

Enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu,  termasuk Hartono bersaudara yang sudah menempati posisi nomor 1 orang terkaya Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Berikut 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes:

1.Hartono Bersaudara atau R. Budi dan Michael Hartono: USD 35 miliar (Rp 508 triliun)

2.Susilo Wonowidjojo: USD 9,2 miliar (Rp 133 triliun)

3.Eka Tjipta Widjaja: USD 8,6 miliar (Rp 124 triliun)

4.Sri Prakash Lohia: USD 7,5 miliar (Rp 108 triliun)

5.Anthoni Salim: USD 5,3 miliar (Rp 77 triliun)

6.Tahir: USD 4,5 miliar (Rp 65 triliun)

7.Chairul Tanjung: USD 3,5 miliar (Rp 50 triliun)

8.Boenjamin Setiawan: USD 3,2 miliar (Rp 46 triliun)

9. Jogi Hendra Atmadja: USD 3,1 miliar (Rp 45 triliun)

10.Prajogo Pangestu: USD 3 miliar (Rp 43 triliun)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini