Perdana, Bappenas Gelar Konferensi SDGs

Oleh Merdeka.com pada 17 Des 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 17 Des 2018, 13:16 WIB
Indonesia Development Forum (IDF) 2018

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) selaku koordinator pelaksanaan program pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menyelenggarakan 'SDGs Annual Conference 2018', di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin ini.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menyampaikan bahwa konferensi ini merupakan upaya untuk mempererat kerjasama di antara semua pihak yang terlibat dalam upaya pencapaian target SDGs di Indonesia.

Menurut dia, konferensi tersebut memiliki beberapa tujuan. Konferensi yang baru diadakan untuk pertama kalinya ini diharapkan mampu merumuskan masukkan bagi perumusan kebijakan pencarian target SDGs.

"Memberikan masukkan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan secara lebih baik, dalam mencapai target SDGs tahun 2030. Meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs di Indonesia," kata dia, di Jakarta, pada Senin (17/12/2018).

Tak hanya itu, konferensi ini juga akan membahas isu-isu serta mendapatkan pembelajaran dari pelaksanaan SDGs yang selama ini telah berjalan di luar Indonesia, baik tingkat regional maupun Asia Pasifik.

"Membangun praktik-praktik baik terkait isu stunting, pemberdayaan perempuan, energi baru terbarukan, air bersih dan sanitasi, tenaga kerja usia muda, pariwisata berkelanjutan, pelaksanaan SDGs di tingkat daerah, serta inovasi pembiayaan untuk pencapaian pelaksanaan SDGs," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Diadakan Tiap Tahun

Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro dalam IDF 2018
Dokumentasi IDF 2018

Mengingat bahwa forum semacam ini sangat penting dalam upaya pelaksanaan SDGs di Indonesia, maka ke depan konferensi ini akan selalu dilakukan setiap tahun.

"Ini menjadi salah satu tonggak bagi upaya seluruh pihak yang selama ini terlibat dalam persiapan pelaksanaan SDGs di Indonesia maupun di setiap proses pelaksanaannya," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua