Sukses

Pesawat Antonov Melintas Bikin Suara Misterius di Langit Pekalongan?

Warga Pekalongan, Jawa Tengah mendadak dihebohkan dengan suara misterius di langit pada Jumat 14 Desember 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Pekalongan, Jawa Tengah mendadak dihebohkan dengan suara misterius di langit. Saidah (41), warga Pekalongan menuturkan, suara gemuruh itu mirip  pesawat terdengar sangat keras. Suara itu berdurasi hampir satu menit.

Saidah mendengar suara misterius tersebut pada pukul 00.30 WIB saat akan melaksanakan salat tahajud.

"Saya dengar seperti suara serigala, kan di sini banyak anjing. Kok ada serigala, tapi lama-lama suara itu mirip pesawat," ujar Saidah saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 14 Desember 2018.

Saat dikonfirmasi mengenai pesawat yang melewati wilayah tersebut, Manajer Hubungan Masyarakat Airnav Indonesia Yohanes Harry Sirait menuturkan, kalau pesawat Antonov AN12 melewati wilayah tersebut.

“Benar itu pesawat Antonov. Rute Jakarta-Melbourne,” ujar Yohanes saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, seperti ditulis Minggu (16/12/2018).

Yohanes menuturkan, pesawat AN12 merupakan tipe pesawat heavy sehingga dengan performance pesawat tersebut memiliki rate of climb yang rendah.

"Sehingga saat berada di langit Jawa Tengah pesawat baru mencapai ketinggian 23.000 kaki untuk menuju intended level 25.000 kaki. Dampaknya menimbulkan suara yang sangat gemuruh,” kata dia.

Dikabarkan pesawat yang melewati wilayah Jawa Tengah tersebut pesawat Antonov An-12BP. Antonov merupakan manufaktur pesawat berada di Ukraina dan perusahaan jasa dengan keahliaan di konstruksi pesawat terbang yang sangat besar. Antonov atau Antonov Aeronautical Scientist/Technical Complex (ASTC) merupakan perusahaan komersial milik negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heboh Suara Misterius Meraung di Langit Pekalongan

Sebelumnya, Warga Pekalongan, Jawa Tengah tiba-tiba dihebohkan dengan suara misterius yang meraung di langit. Menurut salah seorang warga Pekalongan, Saidah (41), suara raungan mirip pesawat itu terdengar sangat keras dan berdurasi hampir 1 menit.

Saidah mendengar suara misterius tersebut pada pukul 00.30 WIB saat akan melaksanakan salat tahajud.

"Saya dengar seperti suara serigala, kan di sini banyak anjing. Kok ada serigala, tapi lama-lama suara itu mirip pesawat," ujar Saidah saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 14 Desember 2018.

Menurut dia, suara itu terdengar sangat keras seperti berada di atas genting. "Saya nggak berani keluar rumah, takut," kata dia.

Saidah mengatakan, pagi harinya, para warga heboh membicarakan sumber suara misteriustersebut. Saidah sendiri tinggal di Panjang Wetan, Pekalongan Wetan.

"Pagi-pagi ramai tetangga, ngomongin suara itu. Mereka menduganya pesawat," kata dia.

Tak hanya di rumahnya, suara tersebut juga terdengar di beberapa daerah di Pekalongan seperti Krapyak.

"Nggak cuma di daerah saya, di Krapyak juga dengar, banyak daerah yang dengar," kata dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.