Sukses

RI Berpeluang Besar Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Kemenperin tengah fokus untuk mewujudkan Indonesia menjadi kiblat fesyen Muslim dunia, melalui berbagai program strategis yang siap dilaksanakan pada 2019.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimis Indonesia akan menjadi kiblat fesyen Muslim dunia di 2020. Selain didukung kekuatan pasar sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga memiliki berbagai jenis industri Fesyen yang berdaya saing global.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya tengah fokus untuk mewujudkan Indonesia menjadi kiblat fesyen Muslim dunia, melalui berbagai program strategis yang siap dilaksanakan pada 2019.

Dia menjelaskan, strategi pengembangan industri fesyen Muslim di 2019 antara lain, pendampingan dan sertifikasi SKKNI bagi penjahit busana Muslim di Jawa Barat dan Jawa Tengah sebanyak 150 IKM.

Kemudian bimbingan teknis dan bantuan alat menjahit bagi WUB Busana Muslim, peningkatan kapasitas (capacity building) bagi IKM yang di Jawa Barat dan Jawa Tengah sebanyak 50 IKM, ikut serta dalam kompetisi Modest Fashion Project (MOFP).

Kemudian, menggelar program Link and Match desainer dengan industri fesyen Muslim, Link and Match industri tekstil dengan industri fesyen Muslim dan desainer. Hal lain memfasilitasi pameran dalam negeri dan luar negeri, ikut serta dalam International Muslim Fashion Festival, serta implementasi Revolusi Industri 4.0 bagi industri fesyen Muslim.

“Kami akan membentuk dan menginkubasi ekosistem bisnis fesyen Muslim. Kami akan membuat platform berbasis augmented reality dan artificial intelligence," ujar dia di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Menurut Gati, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi kiblat fesyen Muslim. Saat ini, peluang pasar domestik untuk fesyen Muslim mencapai USD 20 miliar. Indonesia juga baru menguasai 1,9 persen pasar fesyen dunia dengan nilai ekspor USD 13,29 miliar dan termasuk 5 besar negara OKI eksportir fesyen Muslim.

"Hal ini menunjukkan bahwa peluang pasar fesyen Muslim global maupun domestik sangat besar dan yang harus diisi oleh industri fesyen Muslim tanah air, sehingga dapat meningkatkan kontribusi sektor fesyen Muslim bagi PDB nasional," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Tumbuh

Gati mengatakan, saat ini industri fesyen Muslim di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan pertumbuhan rata-rata konsumsi fesyen Indonesia 18,2 persen per tahun.

"Satu hal yang membanggakan bagi kita bersama adalah peningkatan prestasi Indonesia di dunia internasional yang sangat signifikan. The State of Global Islamic Economy Report 2017/2018 mencatat Indonesia sebagai runer up negara yang mengembangkan Fesyen Muslim terbaik setelah Uni Emirat Arab. Padahal pada laporan tahun sebelumnya, Indonesia tidak termasuk dalam 10 besar. Hal ini menunjukkan bahwa selangkah lagi Indonesia dapat berada pada urutan pertama dan menjadi kiblat fesyen muslim dunia," jelas dia.

Gati juga mengungkapkan, market size fesyen muslim terbesar adalah negara-negara OKI yaitu mencapai USD 191 miliar. Seementara Indonesia baru mengisi USD 366 juta.

“Hal ini menunjukkan bahwa kita harus bekerja keras untuk meningkatkan ekspor ke negara-negara OKI sehingga paling tidak kita mampu menguasai 30 persennya," tandas dia.

Tonton Video Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.