Sukses

Sosok Orang Terkaya yang Paling Tua dan Muda di Indonesia

Yang termuda dan tertua di daftar orang terkaya versi Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Forbes telah merilis nama-nama orang terkaya di Indonesia pada 2018. Walau rupiah sedang bergejolak, nyatanya harta orang-orang terkaya Indonesia malah naik.

Dikutip dari Forbes, tahun ini ada perkembangan kekayaan sebesar 4,4 persen. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia mencapai USD 129 miliar (Rp 1,873 triliun, USD 1 = Rp 14.525). Sosok tertua di daftar ini adalah Eka Tjipta Widjaja, bos Sinar Mas yang berusia 95 tahun.

Tahun ini hartanya tercatat mencapai USD 8,6 miliar atau setara Rp 124 triliun. Peringkat Eka sebaga orang terkaya Indonesia turun ke peringkat tiga karena kekayaannya turun setengah miliar dolar (Rp 7,2 triliun).

Pengamalan bisnis sang miliarder dimulai sejak menjual biskuit sewaktu remaja. Sekarang Sinar Mas sudah terkenal luas akan bisnis mereka di bidang properti (Sinar Mas Land) dan minyak sawit, serta perbankan dan asuransi.

Sementara, orang terkaya paling muda di Indonesia adalah Ciliandra Fangiono di peringkat 28. Pria berusia 42 tahun itu adalah putra dari First Resources yang aktif di sektor minyak sawit sejak 1992 dan telah tercatat di bursa efek Singapura.

Peringkat Ciliandra di Forbes juga tercatat turun, tahun lalu dia berada di peringkat 22 dan sekarang di peringkat 28 dengan total harta USD 1,19 miliar atau setara Rp 17 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekayaan Total Orang Terkaya Indonesia

Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Peringkat teratas masih dipegang oleh nama-nama familiar seperti bos Djarum, Sinarmas, Gudang Garam, dan Indofood.

Tahun ini, ada perkembangan kekayaan sebesar 4,4 persen. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia mencapai USD 129 miliar (Rp 1.873 triliun, USD 1 = Rp 14.528). 

"Aset bersih 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau naik USD 3 miliar dari tahun lalu," tulisnya.

Forbes mencatat, enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu, termasuk Hartono bersaudara yang mendapat gelar nomor wahid sejak 2018 atau sudah 10 tahun terakhir.

"Daftar 50 orang Indonesia terkaya versi Forbes disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis," jelas Forbes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini