Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini

Oleh Gilar Ramdhani pada 12 Des 2018, 13:10 WIB
Diperbarui 12 Des 2018, 13:10 WIB
Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini
Perbesar
Alangkah baiknya ikuti tips berikut agar bisnis semakin berkembang dan sukses.

Liputan6.com, Jakarta Sektor pariwisata kini tengah menjadi primadona bagi Indonesia. Bagaimana tidak, sektor tersebut dinilai mampu mendukung penguatan cadangan devisa negara.

Dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada September 2018 lalu menyebutkan bahwa jumlah  kunjungan  wisatawan  mancanegara  atau  wisman ke Indonesia Juli 2018 naik 12,10 persen dibanding jumlah kunjungan pada Juli 2017, yaitu dari 1,37 juta kunjungan menjadi 1,54 juta kunjungan. Demikian pula, jika dibandingkan dengan Juni 2018, jumlah kunjungan wisman pada Juli 2018 mengalami kenaikan sebesar 16,57 persen.

Bagi sebagian orang, pertumbuhan dari data tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Maka dari itu, tidak ada salahnya membangun bisnis travel saat ini. Untuk itu, sebelum memulai bisnis tersebut, alangkah baiknya ikuti tips berikut agar bisnis semakin berkembang dan sukses. Simak tips berikut:

1. Ikuti perkembangan zaman

Media sosial di zaman sekarang ini seperti sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis dengan medium media sosial adalah langkah tepat dan efektif untuk Anda lakukan. Jelaskan keunggulan yang Anda miliki.

Buat mereka calon pelanggan tertarik dan memilih jasa travel Anda untuk destinasi yang ingin dicapai. Ingat, pastikan keunggulan yang Anda tawarkan semenarik bagi mereka. 

Pastikan juga untuk membuat ragam konten yang kiranya menarik. Tidak melulu harus menjual produk atau jasa yang Anda hendak tawarkan. Tapi sesekali berikan juga konten informatif yang terkait dengan jenis bisnis Anda, sehingga konsumen tidak merasa jenuh atau malah 'terganggu' dengan unggahan hard selling yang Anda buat.

2. Buat perencanaan matang

Setelah bisnis mulai dan berkembang, jangan sampai Anda lepas begitu saja. Perlu adanya rencana matang dan inovasi mengenai bisnis Anda. Mungkin kalau untuk bisnis travel, kamu bisa buat inovasi banyak destinasi-destinasi baru atau promo yang diberikan.

Sebagai pemilik bisnis, jika sudah berjalan, Anda cukup melakukan monitoring saja sambil terus memikirkan agar perkembangan bisnis sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Pilah pilih pegawai

Pastikan untuk teliti dalam mencari karyawan yang benar-benar tepat. Sebab, kunci sukses selanjutnya berada di tangan mereka yang berkontribusi dalam pengembangan bisnis Anda.

Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini
Perbesar
Buat perencanaan matang.

Pastikan memilih orang yang punya komitmen, pengetahuan, inisiatif, dan bakat. Ingat, SDM adalah aset perusahaan. Memilih karyawan dan mendidiknya dengan tepat merupakan kunci utama bisnis bisa bertumbuh.

4. Perluas jaringan dan relasi

Memperkuat di sisi networking menjadi bagian yang penting dalam membangun bisnis travel Anda. ingat, sebagai pebisnis memang diharuskan untuk memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin besar dan luas jaringan usaha Anda maka makin tinggi pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan usaha.

Selain membutuhkan para pekerja atau karyawan, mereka para pebisnis ini juga memerlukan pengusaha lain untuk bisa saling mendukung dan bekerjasama menumbuhkan bisnis.

5. Kualitas

Baik produk maupun jasa, kualitas adalah hal mutlak yang harus dijaga oleh setiap pebisnis. Nah, untuk travel tentu kualitas pelayanan menjadi vital. Sebuah bisnis dengan produk atau jasa yang berkualitas pastinya akan cepat mengalami perkembangan.

Memang, pada awalnya Anda harus menyiapkan dana yang besar. Namun, pikirkan jangka panjang dari semua itu. Anda tentu ingin memiliki konsumen setia, bukan?

Hal itu merujuk juga ke transportasi agar menunjang bisnis Anda, mobil misalnya. yap, saat Anda memilih travel sebagai bisnis, tentu hal pertama yang perlu dipikirkan ialah kenyamanan pelanggan.

Untuk itu, cermat memilih mobil unggulan adalah satu kunci bisnis. Salah satu mobil yang tepat untuk penunjang bisnis travel Anda ialah Toyota Hiace.

Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini
Perbesar
Toyota Hiace.

Mobil van komersil ini tampil dengan ekterior yang lebih mewah dan gagah. Dengan kapasitas 11 penumpang, Toyota Hiace mampu memberikan kenyamanan saat berkendara menuju destinasi wisata.

Tak hanya itu, design kursi yang lebih nyaman dan mewah, Toyota Hiace Luxury semakin memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Suspensi yang lembut, kebisingan rendah, dan mampu meredam getaran di dalam mobil.

Di samping memberikan kenyamanan, Toyota Hiace juga dilengkapi fitur keselamatan. Mobil tersebut memiliki SRS Airbag dan BS sebagai penunjang keselamatan. Untuk bahan bakar, Toyota Hiace memiliki konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit sehingga mampu menekan biaya operasional.

Bicara mobil tak lengkap bila tak bicara purna jualnya. Untuk Toyota Hiace Anda tak perlu ragu, Toyota Hiace memiliki 325 outlet diseluruh Indonesia. Selain itu, memiliki jangkauan yang luas, bahkan di kota kecil sekalipun.

Tak hanya itu, Toyota juga memiliki Toyota Mobile Service dengan armada operasional terlengkap, baik roda dua maupun roda empat.

Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini
Perbesar
Jok model Captain Seat di Toyota Hiace Luxury.

Toyota juga mempunyai 3 warna pilihan. Mulai dari silver metallic, putih, dan warna biru metallic.

Untuk harga, ada 3 tipe Toyota Hiace yang bisa menjadi lirikan para pengusaha. Pertama, tipe ST D Manual dengan harga Rp 436.250.000,00. Tipe kedua, commuter manual dengan harga Rp 471.350.000,00 dan Rp 677.650.000,00.

 

(Adv)