5 Tips Berburu Barang di Harbolnas 12.12

Oleh Tommy Kurnia pada 11 Des 2018, 20:00 WIB
Orang belanja online

Liputan6.com, Jakarta - Apabila warga Amerika Serikat (AS) sudah menikmati diskon besar-besaran Black Friday pada pekan akhir November, besok giliran warga Indonesia yang menikmati Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12.

Bermacam diskon pun akan memancing perhatian warganet Indonesia. Mulai dari poin rewards yang bertambah, flash deal menggiurkan, diskon produk branded hingga melewati 50 persen, hadiah uang tunai ratusan juta, bahkan ada yang mengundang grup K-Pop.

Yang perlu diingat adalah yang belanja pada Harbolnas 12.12 tidak hanya satu-dua orang, melainkan bisa jutaan orang. Langkah-langkah antisipatif pun perlu diambil agar kegiatan belanja bisa tepat sasaran.

Belajar dari Black Friday di AS, ada 5 tips untuk sebelum melakukan mengincar bermacam item di Harbolnas 12.12 mendatang. Dilansir dari Madison.com, berikut ulasannya.

2 of 6

1. Buat Dulu Daftar Item yang Kamu Inginkan

Belanja online
Belanja online. (Foto: unsplash)

Ingin beli kamera? Lalu setelah mendapat kamera tersebut, apa kamu akan langsung berhenti belanja? Sebab, bisa saja ketika buka situs kamu malah terpikat item lain dan kalap dalam berbelanja.

Di ajang seperti ini, para penjual pasti ingin pembeli memesan barang sebanyak mungkin. Inilah kenapa butuh membuat daftar item yang ingin dibeli, yakni agar kamu fokus dan tidak mengeluarkan uang melebihi budget yang ada.

3 of 6

2. Pantau Terlebih Dahulu

Ilustrasi belanja
Ilustrasi belanja. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Sebagai smart buyer, cari tahu harga belanjaan yang kamu inginkan sebelum didiskon. Kemudian bandingkan dengan harga sekarang agar kamu tidak kecele.

Jika kamu sudah terlambat dan harga sudah didiskon, cobalah tanya sahabat yang paham mengenai nilai barang tersebut. Jangan sampai ada diskon besar-besaran, tetapi kamu hanya untung kecil-kecilan karena tersilaukan promo dan diskon.

4 of 6

3. Bikin Rencana Hari H

[Bintang] Supaya Nggak Khilaf, Ini Tips Belanja Lebaran
Jangan mentang-mentang habis dapat tunjangan hari raya (THR) semuanya pengin dibeli, ini tips belanja hemat jelang Lebaran. (Ilustrasi: Pexels.com)

Bila sudah menulis rencana daftar yang ingin dibeli, bikin pula daftar mana saja toko online yang ingin kamu sambangi untuk belanja. Misal, kamu ingin membeli kamera di toko A, tetapi memilih belanja skincare di toko B karena harganya lebih menarik.

Prioritaskan pula barang-barang yang ada di daftarmu sebelum beralih ke barang lain. Kamu mungkin juga perlu bantuan sahabat atau anggota keluarga untuk membantu membelikan barang di toko online berbeda, cobalah minta bantuan mereka dengan memberikan sedikit hadiah.

5 of 6

4. Belanja dengan Smartphone

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Tak hanya lewat laptop, smartphone pun bisa digunakan saat browsing toko online. Kamu bisa mendownload aplikasi masing-masing toko online agar bisa menghemat waktu dalam mengecek barang-barang apa saja yang memiliki diskon terbaik.

6 of 6

5. Pakai Reward Bank Sebaik Mungkin

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Ada toko online yang menawarkan diskon bila pengguna membayar dengan bank tertentu. Perhatikan juga diskon-diskon tersebut agar mendapat transaksi semakin menguntungkan.

Ini pun makin menguntungkan bila kamu kebetulan punya lebih dari satu kartu bank. Amat disayangkan bila tidak bisa mengandalkan reward dari kartu bank yang kamu miliki. 

Lanjutkan Membaca ↓