Sukses

8 Keuntungan Saat Naik Transportasi Umum, Apa Saja?

Berikut keuntungan yang hanya bisa Anda rasakan bila naik transportasi umum.

Liputan6.com, Jakarta - Jika dahulu angkutan umum identik dengan transportasi publik yang jauh dari kata aman dan nyaman, tapi berbeda untuk sekarang ini.

Selain lebih murah, modatransportansi angkutan umum sekarang ini mulai banyak dilirik karena lebih nyaman dan efektif di tengah kemacetan.

Untuk lebih rincinya, sebenarnya apa saja keuntungan naik angkutan umum ini? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut keuntungan yang hanya bisa Anda rasakan bila naik transportasi umum.

1. Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Salah satu keuntungan menggunakan angkutan umum adalah lebih menghemat pengeluaran. Biaya transportasi bila Anda menggunakan angkutan umum tentunya berbeda jika menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena tarif angkutan umum yang cukup murah dan terjangkau.

Misalnya, jika Anda memilih menggunakan KRL (kereta api listrik), tarifnya hanya Rp 3.000 per 1-25 km pertama, dan selebihnya kelipatan Rp 1.000 untuk setiap 10 km berikutnya. Sedangkan bus Transjakarta hanya sebesar Rp 3.500 dan bebas transit ke mana saja.

Tentu saja hal ini akan menekan pengeluaran Anda sehari-harinya jika dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, bukan? Sebab selain bensin, Anda juga mesti menyiapkan uang untuk biaya part dan perawatan kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hemat Tenaga Sehingga Tidak Terlalu Lelah

Tentu saja, menyetir atau mengendarai kendaraan pribadi tentunya lebih menguras tenaga ketimbang hanya duduk manis di angkutan umum yang sudah dikendarai oleh sang sopir atau masinis.

Belum lagi bila dihadapkan dengan kemacetan, mengendarai kendaraan pribadi hanya akan semakin melelahkan saja. Namun, jika menggunakan angkutan umum, Anda cukup tinggal duduk santai sebagai penumpang dan menunggu sampai tujuan.

3. Tidak Pusing-Pusing Cari Lahan Parkir

Punya kendaraan pribadi, artinya Anda harus siap juga dengan ketersediaan lahan parkirnya. Jangan sampai kendaraan yang kita miliki justru mengganggu orang lain karena menggunakan lahan/jalan milik umum.

Hal ini berbeda bila Anda mengandalkan transportasi umum. Anda tidak perlu pusing-pusing menambah area atau membeli sebidang tanah untuk lahan parkir kendaraan, bukan?

Selain itu, kemudahan lainnya adalah ketika tetiba ingin mampir ke suatu tempat di tengah-tengah perjalanan, tinggal turun dari angkutan umum saja tak perlu bingung dan pusing mencari tempat parkir sebentar.

3 dari 5 halaman

4. Mendukung Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Dengan menggunakan angkutan umum, secara tidak langsung Anda dapat membantu mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Misalnya, program Go Green. Dengan menggunakan angkutan umum, tentu saja Anda akan mengurangi potensi peningkatan polusi udara.

Selain itu, program lainnya seperti mengurangi tingkat kemacetan juga menjadi keuntungan dari menggunakan angkutan umum. Tak hanya itu, Anda juga dapat membantu Pemerintah untuk mengoptimalkan subsidi bahan bakar. Sangat membantu, bukan?

5. Membuat Anda Lebih Banyak Bergerak

Dimulai dengan berangkat dari rumah dan kemudian menuju terminal, halte, hingga stasiun. Setelah itu, barulah tiba di tempat tujuan. Proses ini tentunya membuat Anda lebih banyak bergerak dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyaknya proses ketika menuju tempat tujuan inilah yang secara tidak langsung membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang kurang memiliki waktu untuk olahraga.

Bukankah banyak pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas berjalan minimal 30 menit per hari? Nah, inilah kesempatannya.

4 dari 5 halaman

6. Sebagai Ajang untuk Bersosialisasi

Transportasi umum tentunya digunakan banyak orang. Dengan begitu, secara otomatis dapat Anda jadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lainnya yang ikut menggunakan kendaraan umum. Bukan tidak mungkin koneksi Anda menjadi bertambah karena menaiki angkutan umum.

7. Bisa Mengamati Perubahan atau Tren Terbaru

Saat menggunakan angkutan umum, secara tidak langsung Anda akan sering mengamati perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar. Mulai dari tren busana hingga perilaku masyarakat.

5 dari 5 halaman

8. Lebih Aman dan Nyaman

Dengan semakin berkurangnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan, tentu saja membuat tingkat kecelakaan juga semakin rendah.

Jika angka kecelakaan menurun, segala kerugian yang dialami sebuah kota tentu akan semakin berkurang. Oleh karena itu, secara tidak langsung menggunakan kendaraan umum akan membuat Anda akan lebih aman dan nyaman.

Mulai Gunakan Angkutan Umum dari Sekarang

Meskipun terkadang merasa enggan dan malas, ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan angkutan umum. Apalagi kini pemerintah semakin memperbaiki kualitas dan kuantitas angkutan umum yang ada sehingga makin menarik minat masyarakat untuk selalu menggunakan angkutan umum.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.