Sukses

Penangkapan Putri Bos Huawei Bikin Perang Dagang Belum Mereda

Bank Indonesia (BI) menyatakan ada beberapa faktor yang mendorong pelemahan nilai tukar rupiah menjelang akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah kembali turun setelah sempat menguat dan menjauhi angka 15.000 beberapa waktu lalu. Pagi ini, rupiah dibuka di level Rp 14.525 per dolar Amerika Serikat (AS) atau melemah tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di 14.520 per dolar AS.

Deputi Gubernur Senior Bank Indoneasia (BI), Mirza Adityaswara mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mendorong pelemahan nilai tukar rupiah menjelang akhir pekan ini.

"Penyebabnya terjadi di global faktor," kata Mirzha saat dijumpai di Mesjid Kompleks BI, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Akan tetapi, dia menegaskan pelemahan nilai tukar ini bukan hanya dialami oleh Indonesia, melainkan hampir di seluruh negara berkembang.

Mirzha menjelaskan, pada awalnya nilai tukar rupiah dan beberapa mata uang negara lain sempat menguat berkat isu perang dagang antara AS dan China yang disebutkan akan segera berakhir. Hal itu ditandai dengan menurunnya tensi atau ketegangan perang dagang setelah adanya pertemuan antara kedua pemimpin negara yaitu Donald Trump dan Xi Jinping.

"Negara-negara berkembang pada saat itu ada harapan bahwa perang dagang AS dan China itu mereda. Karena  pada pertemuan G20 tersebut tapi kemudian ternyata perang dagang AS dan China ini belum mereda," ujar dia.

Pada kenyataanya, situasi perang dagang masih memanas. Terlebih setelah Otoritas Kanada dikabarkan menangkap putri dari pendiri raksasa telekomunikasi China Huawei, atas permintaan penegak hukum Amerika Serikat (AS). Meng Wanzhou, yang menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Wakil Direktur Huawei, ditangkap di Kota Vancouver, Kanada, pada 1 Desember 2018 lalu.

"Salah satu yang diinterpretasikan oleh pasar bahwa perang dagang belum mereda adalah ditangkapnya putri direktur Huawei di Kanada dan akan diekstradisikan di AS, itu juga mencerminkan bahwa perang dagang AS dan China belum mereda," ujar dia.

"Dan memang perang dagang ini kemudian dikhawatirkan oleh pasar dan akan makin memperlambat pertumbuhan ekonomi dunia," dia menambahkan.

Dia menyatakan, kekhawatiran yang saat ini tengah dialami pasar adalah akan adanya aksi melemahkan atau mendepresiasi nilai tukar Yuan oleh China. Yang tentu saja akan berdampak pada negara-negara berkembang.

"Dikhawatirkan bisa membuat depresiasi kurs negara-negara emerging market. Itu terkait pelemahan kurs dalam tiga hari terakhir," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Goyang Dunia

Di lain tempat, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah dipicu oleh penangkapan putri pendiri telekomunikasi China Huawei, Meng Wanzhou. Pasar langsung merespons kejadian ini.

"Ya memang dunia ini aneh sekali, ada CFO nya Huawei ditangkap malah goyang dunia, ini aneh-aneh saja," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 7 Desember 2018.

Meski demikian, Darmin mengatakan, ruang penguatan nilai tukar rupiah masih akan terus terjadi hingga akhir tahun. Pemerintah saat ini terus berupaya menjaga kepercayaan investor menanam dana di Indonesia.

"Tetap ada. Yang penting kita pelihara confident dari market, bikin kebijakan untuk vokasi, kemudian untuk ekspor, nanti ekspor apa, pelan-pelan lah satu-satu kita pelihara iklim dan confidentnya nanti lama-lama menguat," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.