Sukses

Kemendag: Stok Bahan Pokok Aman hingga April 2019

Kementerian Perdagangan masih berkoordinasi dengan pihak terkait meski kebutuhan pokok aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin kebutuhan pokok aman hingga tiga bulan ke depan. Hingga April 2019, sembilan bahan pokok (sembako) dipastikan tersedia.

Dengan begitu, kebutuhan Natal dan Tahun Baru tidak perlu dikhawatirkan. "Stok aman, dan setelah pantauan di Pasar Nunukan ini, bisa kita pastikan 3 bulan ke depan aman. Dan kalau melihat stok yang ada di pusat, semoga saja sampai April aman," ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana, saat kunjungan kerja di Pasar Nunukan, Banjarsari, Kamis (6/12/2018).

Meski menjamin, sembilan bahan kebutuhan pokok aman hingga April, tapi pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Satgas Pangan untuk memantau stok, pelaku usaha dan kemungkinan ada penimbunan. Namun, hingga kini tidak ditemukan ada penimbunan itu.

"Siang ini kita rapat koordinasi dengan stakeholder terkait, untuk memantau stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional," ujar dia.

Berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Nusukan Solo, harga-harga kebutuhan pokok masih normal. Jika sebelumnya terjadi kenaikan pada sejumlah komoditas, hal tersebut bisa dimaklumi karena faktor cuaca. Dengan membaiknya cuaca, dia berharap harga-harga kebutuhan di pasar tradisional kembali stabil.

"Ada sedikit kenaikan memang tapi bisa kita maklumi. Untuk cabai misalnya, kalau hujan beberapa hari lalu, biaya produksi atau pemetikan menjadi naik. Untuk telur, daging, beras dan lainnya harganya bagus, cukup stabil," kata dia.

 

Reporter: Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

Selain pemantauan harga di pasar tradisional, Staf Kemendag juga melakukan kunjungan ke ritel modern Carrefour di Solo Paragon Mall serta Gudang Bulog Divre Surakarta.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divre Jawa Tengah (Jateng), M. Sugit Tedjo Mulyono mengatakan, stok beras untuk wilayahnya mencukupi hingga 14 bulan lagi. Serapan beras dari petani di provinsi setempat melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jateng. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Stok beras untuk Jawa Tengah sampai 14 bulan ke depan aman, artinya satu tahun lebih. Nggak usah khawatir. Kalau teman-teman menemukan harga yang mahal atau punya komunitas, kami siap menggelontor itu," ujar dia.

Demikian juga di Pasar Nusukan, pihaknya juga menyediakan cadangan stok beras dari harga medium hingga premium. Sehingga jika ditemukan harga mahal di pedagang, masyarakat bisa langsung membeli di kios Bulog yang ada di pasar.

Untuk beras premium, pihaknya memberlakukan harga yang sama atau komersial. Bulog, kata dia sudah tidak lagi melakukan operasi pasar jika terjadi kenaikan harga. Sebagai solusinya, disediakan toko khusus di pasar dengan stok yang mencukupi. Stok Beras yang disediakan di kios pasar, 75 persen untuk premium dan 25 persen untuk medium.

"Anda kan tahu sendiri, masyarakat itu lebih pandai memilih, lebih bisa merasakan. Kalau medium kan rasanya kurang baik, tentu masyarakat akan memilih yang premium," ujar dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.