Sukses

Resmi Beroperasi, Jokowi Heran Tol Bocimi Mangkrak 21 Tahun

Pembangunan tol Bocimi dengan total panjang 54 kilometer ini sedianya dimulai pada 1997.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol Ciawi, Bogor dan Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong sepanjang 15,3 kilometer (km) di Gerbang Tol Cigombong-1, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018) ini.

Mantan Walikota Solo ini mengaku heran mengapa Tol Bocimi bisa mangkrak hingga 21 tahun. Pembangunan tol dengan total panjang 54 kilometer ini sedianya dimulai pada 1997.

"Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sudah ditetapkan tahun 1997. Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini," ujar Jokowi di Bogor.

Tak hanya itu, Tol Bocimi juga sempat beberapa kali berganti investor. Mulai dari Konsorsoum Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group.

"Sudah ganti investor, saya sudah nggak bisa ngitung berapa kali," kata dia.

Karena itulah pada 2015 lalu, akhirnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini.

"Kemudian 2015 kita ambil alih, mengambil alih dengan negosiasi yang alot. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan kontruksi pembebasan lahan bisa dilakukan," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kementerian BUMN Gelar Gowes Bareng 1000 Milenial di Tol Bocimi

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi bersama sejumlah BUMN menggelar Fun Bike bertajuk Spirit Of Millenials 'Gowes Bareng' yang diikuti oleh 1.000 generasi milenial BUMN, pada Sabtu pagi (1/12/2018).
 
Program ini dalam rangka memeriahkan peresmian Jalan Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) seksi I ruas Ciawi - Cigombong.
 
Gowes tersebut dimulai pada titik start di Gerbang Tol Caringin sampai dengan titik finish di sekitar Gerbang Tol Cigombong dengan jarak tempuh kurang lebih 10 Kilometer. 
 
Kegiatan Gowes 1000 Millenial ini dilepas oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, dan Direktur Consumer Service PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Siti Choiriana.
 
Di lokasi finish, para peserta Gowes pun di sambut oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. "Kegiatan Gowes ini dalam rangka mengajak para millenial melihat secara langsung hasil pembangunan jalan tol yang dikerjakan oleh BUMN sebelum diresmikan pengoperasiannya," kata Rini.
 
Rini pun berharap, para milenial ke depannya bisa menjadi bagian dari pelopor pembangunan Indonesia.
 
 
 
Reporter: Wilfridus Setu Umbu
 
Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.