Sukses

Perang Bisnis E-Commerce, Siapa Beri Harga Paling Murah?

brand e-commerce di Indonesia yang menjadi tiga besar dalam kategori Top of Mind konsumen adalah Shopee, Lazada dan Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan konsultan marketing dan riset MarkPlus Inc kembali mempublikasikan hasil riset terbaru. Dalam riset tersebut, brand e-commerce di Indonesia yang menjadi tiga besar dalam kategori Top of Mind konsumen adalah Shopee, Lazada dan Tokopedia.

Hal tersebut didasari oleh beberapa faktor antara lain variasi promo menarik yang ditawarkan, reputasi brand, ongkos kirim gratis dan penawaran harga yang paling terjangkau.

"Strategi paling tepat menjaring konsumen adalah harga paling murah. Jadi konsumen bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan kualitas sama dengan yang dijual di platform e-commerce lain maupun gerai offline,” ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus Inc, Irfan Setiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (29/11/2018).

Selaku penanggungjawab riset, irfan melanjutkan, dalam survei kategori penawaran harga, konsumen memilih Shopee danTokopedia sebagai brand e-commerce yang bersaing kuat dalam penawaran harga.

Survei yang digelar selama Oktober 2018 ini membagi konsumen ke dalam lima kelompok usia yaitu:

1) < 19 Tahun

2) 19 - 24 Tahun

3) 24 - 30 Tahun

4) 31 - 35 Tahun

5) > 35 Tahun

Dari riset tersebut, empat dari lima kelompok usia memilih Shopee sebagai brand e-commerce yang menawarkan harga paling terjangkau, dimana satu kelompok dengan konsumen berusia di atas 35 tahun memilih Tokopedia yang menawarkan harga paling terjangkau.

Brand e-commerce yang menempati tiga posisi teratas dalam survei dari sisi usia ini adalah Shopee dengan dominasi 42,8  persen, Tokopedia dengan angka 19,8 persen dan Bukalapak di 17,5  persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Domisili

Selain melakukan riset dalam dari sisi usia, secara domisili kategori harga paling terjangkau juga menjadi faktor yang penting. Survei domisili dilakukan di enam kota besar yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Dari survei yang dilakukan di enam kota tersebut, Shopee mendominasi dengan menjadi pilihan pertama oleh konsumen sebagai brand e-commerce yang menawarkan harga paling terjangkau.

Pilihan berikutnya jatuh pada Tokopedia, yang menjadi pilihan kedua setelah Shopee di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Sedangkan Lazada menempati posisi kedua di dua kota yaitu Medan dan Makassar.

Selain ketiga e-commerce tersebut, Bukalapak juga masuk ke dalam tiga besar di beberapa kota. Harga terjangkau tidak hanya dilihat dari harga barang, akan tetapi terdapat faktor lain yang ikut menentukan seperti ongkos kirim.

Banyaknya e-commerce yang menjanjikan gratis ongkos kirim menjadi faktor penting bagi konsumen untuk menentukan apakah berbelanja di brand e-commerce tersebut itu murah atau tidak. Dalam hasil riset, faktor gratis ongkir menjadi faktor paling utama. Setelah itu baru faktor diskon, variasi pilihan jenis pembayaran, cashback,dan yang terakhir adalah flash sale.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.