Sukses

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Mulai Berbisnis

Berikut empat hal yang harus dihindari saat hendak berbisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Melihat orang lain berbisnis dan sukses besar memang menjanjikan. Tapi tentu saja, memulai bisnis hingga memberikan laba yang besar bukanlah yang mudah.

Bahkan sebelum memulai bisnis, Anda juga harus sangat memperhatikan modal yang tersedia serta rekan yang dipilih. Persiapan sebelum benar-benar memulai bisnis juga adalah salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dengan baik.

Berikut empat hal yang harus dihindari saat hendak berbisnis seperti dilansir dari boldsky.com, Jumat (30/11/2018):

1. Hindari teman dekat sebagai rekan

Uang dapat mengubah pikiran. Itulah mengapa sebelum berbisnis, jangan pilih rekanan atau teman dekat sebagai rekan. Bangun dulu, bisnis Anda sendiri. Itu dapat menghindarkan Anda dari monopoli bisnis yang licik dari rekanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan pikirkan soal memperluas jaringan

Hindari memperluas bisnis sampai hasil menunjukkan laba yang stabil. Fokus pada bisnis awal akan jauh lebih baik dibandingkan memperluas bisnis tanpa modal yang cukup.

3. Hindari pinjaman

Membayar pinjaman benar-benar dapat membuat Anda dalam masalah. Anda baru bisa melakukan pinjaman jika bisnis Anda telah berjalan dan menjanjikan untuk diperluas.

3 dari 3 halaman

4. Jangan membeli perlengkapan bisnis yang mahal

Jangan membeli perlengkapan bisnis yang harganya melambung tinggi sebelum bisnis benar-benar berjalan. Cobalah untuk menyewa jika memang sangat dibutuhkan, itu ide yang baik untuk mengendalikan anggaran bisnis Anda di awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini