Sukses

Ditemani Para Menteri, Jokowi Ngopi di Rest Area Tol Sragen-Ngawi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka pengoperasian jalan tol Sragen-Ngawi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi menikmati berbagai makanan yang tersedia di Rest Area 538 B Sragen Jalan Tol Sragen-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu ini. Pada hari ini presiden meresmikan pengoperasian ruas tol Sragen-Ngawi. 

Presiden tampak mengangkat gelas kopi ketika menikmati kuliner bersama para menteri dan pejabat daerah maupun BUMN. Tampak mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.

Jokowi menyatakan senang di lokasi tempat istirahat (rest area) itu terdapat banyak kuliner lokal. "Di kanan ada soto kuali, ada lontong opor, ada pecel lele, ada oseng kikil, ada bebek rica-rica. Nengok ke kiri juga ada soto madura, bakso malang, ada roti ganep," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/11/2018).

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Presiden ingin tempat istirahat jalan tol dipenuhi produk lokal dari daerah di lokasi setempat. "Jangan sampai justru dipenuhi oleh brand-brand asing, dari luar, dan brand-brand lokal hanya menjadi penonton," katanya.

Ia menyebutkan di Rest Area Tol Sragen-Ngawi konsep itu sudah mulai diterapkan. "Saya harapkan di rest-rest area yang lainnya juga mengikuti seperti ini," katanya.

Ia juga menyebutkan tempat istirahat memberi wadah bagi pelaku UMKM untuk berkembang.

"Ada wadahnya sehingga dampaknya nanti kita lihat 1-2 tahun akan kelihatan seperti apa, kita akomodasi keinginan dari pelaku usaha mikro usaha kecil untuk memanfaatkan, memasarkan produk-produknya di rest area," katanya.

Ia menyebutkan konsep mengembangkan UMKM di tempat istirahat jalan tol cukup bagus. "Ini mau dikonsep lagi dalam bentuk food cort bareng-bareng agar lebih bagus lagi," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka pengoperasian jalan tol Sragen-Ngawi. Peresmian ini dilakukan di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan jalan tol Ngawi-Sragen," kata Jokowi sambil menekan tombol sirine tanda meresmikan ruas tol tersebut, Rabu (28/11/2018).

Dengan beroperasinya tol ini diharapkan dapat menghubungkan seluruh jalan tol yang ada di Jawa.

"Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insyaallah sudah sambung semuanya," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, masih ada sejumlah ruas tol yang masih dikerjakan hingga kini. Di antaranya Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

Jokowi menambahkan, bahwa ruas tol tersebut dipastikan bakal rampung dalam waktu dekat.

"Yang kurang itu, tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN, Dirjen Bina Marga, beliau mengatakan pertengahan Desember 2018 selesai semuanya. Bapak tinggal mencari waktu kapan meresmikannya," terang Jokowi.

Sejumlah menteri dan pejabat daerah Jawa Tengah turut hadir mendampingi Jokowi saat meresmikan tol ini. Mereka Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.