Sukses

Deretan Pebisnis yang Jadi Miliarder dalam Waktu Super Singkat

Sebagian miliarder yang menjadi kaya dalam waktu cepat bahkan kini bisa menjadi salah satu pebisnis paling berpengaruh di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan pengusaha membutuhkan puluhan tahun bahkan seumur hidupnya untuk membangun kerajaan bisnis yang kokoh dan meraup pundi-pundi uang dalam jumlah besar. Namun sebagian lain hanya butuh kurang dari 10 tahun bahkan setahun saja untuk meraih gelar miliarder di dunia.

Sebagian miliarder yang menjadi kaya dalam waktu cepat bahkan kini bisa menjadi salah satu pebisnis paling berpengaruh di dunia. Salah satu diantaranya adalah Mark Zuckerberg, pria yang pernah menjadi miliarder termuda di dunia.

Selengkapnya berikut deretan pengusaha yang bisa menjadi miliarder dalam waktu super singkat seperti dikutip dari Business Insider, Senin (26/11/2018):

1. Eduardo Saverin - 1 tahun

Eduardo Saverin merupakan salah satu pendiri Facebook bersama Mark Zuckerberg pada 2004 sebelum akhirnya keluar setahun kemudian. Pengalaman tersebut difilmkan melalui `The Social Network`.

Meskipun bekerja kurang dari setahun di Facebook. Saverin memiliki saham minoritas di peprusahaan tersebut yang pada 2010 bernilai lebih dari USD 1 miliar. Kini, Saverin tercatat memiliki total kekayaan lebih dari USD 9 miliar.

2. Jay S. Walker - 1 tahun

Walker mungkin memegang rekor pemegang status miliarder tercepat di dunia. Dia bergabung ke jajaran orang terkaya dunia pada 1998, hanya satu tahun setelah ia mendirikan Priceline.com.

Namun dia keluar dari jajaran tersebut setahun kemudian setelah Priceline mengalami masalah dan dia meninggalkan perusahaan itu pada 2000. Setahun kemudian, dia menjual seluruh sahamnya hanya senilai USD 426 juta.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sean Parker - 1,5 tahun

Parker sekarang memang pendiri situs berbagi musik Napster, tapi bukan itu yang membuatnya menyandang status miliarder. Dia meraih status miliarder saat dirinya menjadi presiden Facebook.

Parker menjadi presiden Facebook pertama pada 2004. Dia meninggalkann perusahaan di awal 2006, tapi mendapatkan hampir 70 juta lembar saham Facebook.

Dia menjual setengah kepemilikan sahamnya dan menetapkannya sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia.

4. Gary Winnick — 2,5 tahun

Pada 1997, Gary Winnick mendirikan perusahaan telekomunikasi Global Crossing, yang membantu perusahaan-perusahaan seperti Microsoft dan AT&T mengakses konsumennya di ASia. Hanya setahun kemudian, Global Crossing melantai di bursa.

Winick meraup USD 4,5 miliar dari langkah tersebut. Sayangnya, pada 2002, Global Crossing akhirnya bangkrut.

 

3 dari 4 halaman

5. Pierre Omidyar - 3 tahun

Omidyar meluncurkan eBay.com pada 1995 saat ia masih berusia 28 tahun. Item pertamam yang dilelang di situs tersebut merupakan sebuah penunjuk laser rusak.

Tiga tahun kemudian, perusahaan tersebut melantai di bursa. Hanya dalam 3 bulan saja, sahamnya meningkat pesat dan membuatnya menjadi seorang miliarder.

6. Eric Lefkofsky, Andrew Mason, dan Brad Keywell — 3 tahun

Tiga pendiri Groupon itu meraih kekayaan besar saat perusahaannya melantai di bursa. Ketiganya serta merta menjadi miliarder. Pencapaian yang terbilang lumayan untuk perusahaan yang baru dimulai 2008.

 

 

 

4 dari 4 halaman

7. Mark Zuckerberg - 4 tahun

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg pertama kali menjajaki daftar miliarder dunia versi Forbes pada 2008. Itu semua berkat sosial media yang ia rintis sejak empat tahun sebelumnya.

Kini kekayaan Zuckerberg mencapai lebih dari USD 60 miliar.

8. Mark Cuban - 4 tahun

Mark Cuban adalah salah satu miliarder paling terkenal di Amerika Serikat. Dia telah menjadi miliarder sejak 1999, saat Yahoo membeli perusahaan radio internet miliknya, Broadcast.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • pebisnis