Sukses

Pengusaha UKM Asal Indonesia dan Thailand Saling Berbagi Pengalaman Bisnis

Potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar di Thailand maupun di Indonesia yang juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan bisnis e-commerce.

Liputan6.com, Bangkok - Sejumlah penjual (seller) pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dari e-commerce Shopee asal Indonesia dan Thailand berkesempatan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis online yang mereka geluti. Program bertajuk Seller Exchange ini merupakan bentuk kerja sama pertama kali antara Kampus Shopee Indonesia dan Shopee University Thailand.

Sebagai bagian dari program, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pillihan Shopee Indonesia diberangkatkan ke Thailand selama tiga hari, sejak 22 sampai 24 november 2018. Di kantor Shopee Thailand ini, para penjual kedua negara mendapatkan pengetahuan bisnis online dan bertukar pengalaman praktik bisnis.

Program ini juga diinisiasi guna mempersiapkan para penjual untuk menyambut puncak Shopee 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember.

Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna, mengatakan jika pihaknya melihat potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar di Thailand maupun di Indonesia yang juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan bisnis e-commerce.

"Program ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen nyata kami untuk mendukung para pelaku UKM Shopee dengan memberikan pengalaman langsung untuk melihat pasar ritel dan pengalaman para penjual online di Thailand secara langsung, yang juga memiliki perilaku konsumen serupa dengan konsumen di Indonesia," jelas dia di Bangkok, Jumat (23/11/2018).

Dia mengatakan, program ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia. Kemudian Shopee dalam mendukung visi pemerintah pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Selama ini, kata dia, Indonesia dan Thailand juga memiliki karakteristik yang sama terkait bisnis jual beli online. Selama program ini, para peserta memiliki kesempatan untuk mempelajari persamaan dan perbedaan lingkup e-commerce di pasar Asia Tenggara dan bertukar tips secara cerita inspiratif mengenai bisnis dengan sesama penjual.

Kedua negara juga menjadi salah satu pasar potensi untuk bisnis e-commerce, termasuk untuk Shopee. Ini mengacu pada jumlah penduduk serta kebiasaan penggunaan media sosial di masyarakat kedua negara.

Program ini diakhiri dengan melakukan kunjungan ke salah satu pasar retail terbesar di Bangkok guna melihat secara langsung aktivitas jual beli dan menjadikannya sebagai referensi baru bagi bisnis mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Penjual

Selviana Yuswanto, pemilik toko mybamus.official dari Bandung menilai program Seller Exchange menjadi salah satu peluang berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengembangkan bisnisnya. "Saya merasa senang bisa menjadi salah satu peserta Kampus Shopee Goes to Thailand," jelas dia.

Dia berharap pengalaman ini dapat membantu dalam mempersiapkan dirinya dalam berinovasi pada bisnis terutama di pasar Indonesia. "Saya berharap akan ada lebih banyak kesempatan dan kegiatan dari Kampus Shopee bagi para penjual seperti ke depannya," tutur dia.

Hal senada diungkapkan penjual asal Thailand, Jaksakol Ittisattha. "Program ini membuka pikiran tentang kondisi penjualan online di Thailand dan Indonesia. Ada kesamaan antara Indonesia dan Thailand, seperti masalah logistik dan sistem cara pembayara," kata dia.

Dia pun berharap akan ada tindak lanjut dari program ini demi mendukung kelangsungan bisnisnya. Seperti adanya kerja sama penjualan produk terkait ekspor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini