Kisah Anastasia Soare, Jadi Miliarder Berkat Gambar Alis

Oleh Tommy Kurnia pada 25 Nov 2018, 21:06 WIB
Diperbarui 25 Nov 2018, 22:13 WIB
Ilustrasi alis

Liputan6.com, Beverly Hills - Bagi Anastasia Soare, seni merawat alis mata bukan sekadar bisnis biasa. Inilah jenis usaha yang membuatnya meraih status miliarder.

Dikutip dari Harper Bazaar, Minggu (25/11/2018), wanita asal Rumania ini telah menghabiskan 20 tahun untuk membangun kerajaan bisnis di dunia alis mata. Pelanggannya pun para selebritas Hollywood seperti Victoriam Beckham, Oprah Winfrey, Jennifer Lopez, sampai semua anggota keluarga Kardashian.

Dimulai di sebuah salon di Beverly Hills pada 1997, ia memulai bisnis gambar alis mata sebelum jenis jasa tersebut populer. "Tidak ada di Hollywood yang mengerjakan alis mata pada 90-an," ujarnya.

 

Anastasia ingat ucapan guru kesenian perihal pentingnya alis mata ketika menggambar. "Jika kamu ingin mengganti emosi dari si subyek, gantilah alis mata mereka. Marah, terkejut, gembira, gambar saja alis mata yang berbeda," kenang wanita yang sempat belajar arsitektur selama 5 tahun ini.

 
 
 
View this post on Instagram

What an incredible event ❤️#anastasiabeverlyhills #anastasiasoare

A post shared by Anastasia Soare (@anastasiasoare) on

Sejak tahun 2000, ia mulai meluncurkan produk-produk alis mata, mulai dari pensil sampai jel alis dikembangkan olehnya dengan harga kompetitif lewat nama Anastasia Beverly Hills. Sang miliarder pun mengaku masih terlibat penuh dalam pengecekan kualitas setiap produk sebelum dilempar ke pasaran.

Sang putri pun membantu penjualan dengan mengandalkan Instagram untuk menginteraksikan produk pada 18,2 juta pengikut. Para influencer di dunia make up juga kerap muncul di Instagram Anastasia Beverly Hills untuk menampilkan kreasi mereka menggunakan produk Anastasia Beverly Hills.

 
 
 
View this post on Instagram

Subculture Palette 🎨😍such gorgeous look @giulia_peculiar

A post shared by Anastasia Beverly Hills (@anastasiabeverlyhills) on

Hebatnya lagi, Anastasia memulai karier di AS tanpa bisa berbicara Bahasa Inggris. "Jika saya mampu melakukannya - tanpa bisa bicara Bahasa Inggris, berada di negara baru dengan seorang anak - maka siapa saja pasti bisa melakukannya," ucap Soare.

Forbes mencatat hartanya mencapai USD 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun (USD 1 = Rp 14.521). Bersama putrinya, ia berhasil menjual 480 produk di 3.000 toko dan pendapatan ditaksir USD 200 juta (Rp 2,9 triliun).

Dalam nilai Self-Made Score Forbes, sang miliarder mendapat skor 9, yang berarti ia berhasil sukses meski tidak memiliki latar belakang ekonomi yang kaya raya.

2 of 2

Berbagi Tips

[Fimela] Mengenal Anastasia Soare, Si Jenius di Balik Kesuksesan Brand Kecantikan Anastasia Beverly Hills
Anastasia Soare, perempuan terkaya di Amerika versi majalah Forbes. (Foto: Kirk McKoy / Los Angeles Times)

Dalam bisnis, ia ingin semua produk perusahaannya memiliki kualitas lebih, mengingat banyaknya persaingan produk kecantikan yang dijual secara indie di pasaran. Komunitas di dunia kecantikan, menurut Anastasia, tidak suka copycat, itulah yang memotivasinya agar berpegang pada jati diri perusahaan demi menjaga loyalitas pelanggan.

"Bertahun-tahun yang lalu, terdapat 50 merek, sekarang ada 500 merek. Kualitaslah yang membedakan mereka dan merek yang otentik memiliki sesuatu yang unik untuk diberikan," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Amazing 😍 @the_wigs_and_makeup_manager using the 🎨 Sultry Palette

A post shared by Anastasia Beverly Hills (@anastasiabeverlyhills) on

Sebagai tips, ia mengajak pebisnis agar tidak memusingkan ketenaran atau uang terlebih dahulu. Baginya, yang utama adalah menjadi yang terbaik pada keahlian kita.

"Jangan khawatir mengenai ketenaran atau menghasilkan uang; yang terpenting adalah menjadi yang terbaik. Kamu harus menjadi master dari kerajinanmu, dan segala hal lainnya akan menyusul," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓