Ini Dia Definisi Sukses di Mata 5 Miliarder Dunia

Oleh Liputan6.com pada 24 Nov 2018, 06:01 WIB
Diperbarui 26 Nov 2018, 00:13 WIB
[Bintang] 5 Tips Manajemen Waktu dari Para Miliarder Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti kesuksesan bagi Anda? Bagi sebagian orang, sukses berarti kedudukan dan gaji yang tinggi. Bagi yang lainnya, sukses berarti punya perusahaan yang banyak dengan harta berlimpah.

Namun, sukses tidak selalu diukur dari jumlah uang atau jumlah perusahaan. Bahkan, sejumlah orang terkaya di dunia tidak mengaitkan kesuksesan dari uang, investasi, atau angka sekalipun.

Menemukan definisi kesuksesan versi Anda bisa menjadi kunci untuk mencapainya. Tanpa mengetahui apa yang ingin diraih, Anda akan kesulitan untuk menentukan langkah yang harus diambil. Mengutip CNBC, berikut arti sukses di mata 5 miliarder dunia.

 

1. Richard Branson

Menurut sang pendiri Virgin Group, kesuksesan yang sesungguhnya dilihat dari seberapa bahagianya diri Anda.

“Terlalu banyak orang mengukur kesuksesan dari jumlah uang yang mereka punya atau orang-orang yang mereka kenal,” tulis Branson pada laman LinkedIn-nya.

“Ini menjadi salah satu kesalahpahaman yang umum, bahwa uang adalah ukuran kesuksesan tiap pebisnis,” terusnya.

2 of 3

2. Mark Cuban

[Bintang] Mark Cuban
Mark Cuban, seorang triliuner mendukung Hillary Clinton untuk menjadi presiden. Mengetahui hal itu, Donald Trump mengatakan bahwa Mark adalah pria bodoh. (CNBC)

Miliarder dengan kekayaan USD 3,4 miliar atau Rp 49,5 triliun (asumsi kurs Rp 14.563 per dolar AS) memiliki pandangan yang cukup unik terhadap kesuksesan.

“Bagi saya, definisi sukses adalah bangun pagi dengan senyuman di wajah, mengetahui hari itu akan menjadi hari yang menyenangkan,” ujar Cuban.

Ia mengaku, dirinya tetap merasa senang dan merasa seolah sukses saat masih miskin. Ia tahu ia harus bekerja keras untuk bisa berhasil, tapi ia melakukannya dengan senang hati.

 

3. Tilman Fertitta

Bos Landry’s ini mengartikan sukses dengan keahlian yang dimiliki, apapun itu bentuknya. Ia meneruskan, setiap orang pasti memiliki keahlian dan talentanya masing-masing.

“Orang yang sukses adalah mereka yang bisa melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain,” jelasnya. 

3 of 3

4. Warren Buffett

Bill Gates dan Warren Buffett
Bill Gates dan Warren Buffett

Warren Buffett merupakan salah satu investor tersukses di dunia. CEO Berkshire Hathaway ini memiliki kekayaan senilai USD 78,6 miliar (Rp 1.144,07 triliun).

“Saat seusia saya, Anda akan mengukur kesuksesan dalam hidup dari berapa banyak orang yang kamu harap mencintaimu benar-benar mencintaimu,” jelasnya.

Ia meneruskan, jika Anda sudah seusianya dan tidak menemukan ini, tidak peduli seberapa banyak uang yang Anda miliki hidup Anda tetap merupakan sebuah bencana.

“Inilah ujian dari kehidupan yang sesungguhnya. Anda tidak bisa membeli cinta. Lebih banyak Anda memberikannya, lebih banyak pula yang akan didapatkan,” sambung Buffett.

 

5. Bill Gates

Pendiri Microsoft ini memiliki dua definisi kesuksesan. Definisi pertama ia pinjam dari temannya, Warren Buffett. 

“Warren Buffett selalu berkata ukurannya adalah apakah orang-orang terdekat Anda bahagia dan mengasihi Anda,” jelas Bill Gates.

Namun, ada komponen kedua yang sama penting dengan definisi pertama dalam mengukur kesuksesan, yaitu mengubah dunia menjadi lebih baik.

“Menyenangkan saat Anda merasa telah membuat suatu perbedaan - menciptakan suatu inovasi, membesarkan anak, atau membantu orang-orang yang membutuhkan,” tulisnya.

 Definisi sukses bisa bermacam-macam. Namun yang paling penting adalah arti sukses itu sendiri bagi Anda. Apapun itu, memiliki pemahaman yang jelas mengenai arti sukses bisa mendorong Anda untuk lebih fokus menghadapi tantangan yang ada. (Felicia Margaretha)

 

Lanjutkan Membaca ↓