Sukses

Tips Berinvestasi Emas Meski Gaji Pas-pasan

Berikut tips investasi emas meski gaji pas-pasan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Berapa pun gajimu, menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi adalah hal yang penting. Salah satu investasi minim risiko yang dapat kamu pilih adalah emas.

Memang, kalau penghasilanmu tidak seberapa, membeli satu gram emas senilai Rp 600 ribu bisa lumayan memberatkan. Namun, asalkan bisa mengalokasikannya dengan baik, kamu pasti bisa menabung emas secara rutin. Apalagi, jika menerapkan beberapa tips dari Swara Tunaiku berikut!

1. Sisihkan Dana Sesuai Kemampuan

Meski investasi itu penting, tak perlu bernafsu untuk menabung emas setiap bulan, apalagi ketika harga emas tengah naik. Jangan sampai kamu mengorbankan kebutuhan lainnya.

Idealnya, cukup sisihkan 20 persen penghasilanmu untuk investasi. Paling penting, pastikan dulu segala kebutuhan bulananmu seperti makan, bayar tagihan, dan lain-lain sudah terpenuhi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Investasilah Sedikit Demi Sedikit Tapi Rutin

Menyambung dari poin sebelumnya, kamu bisa berinvestasi emas sedikit demi sedikit sesuai kemampuan. Sebagai contoh, anggaplah gajimu ada di angka Rp 2 juta, berarti dana yang disisihkan untuk investasi adalah Rp 400 ribu. Jika harga emas batangan ada di kisaran Rp 600 ribu, kamu bisa membeli satu gram dalam waktu satu setengah bulan. Mudah, bukan?

Awalnya memang terasa sedikit. Namun, jika hal ini kamu lakukan secara rutin, tabungan emasmu akan semakin bertambah.

3. Cermati Pergerakan Harga Emas

Meski emas tergolong stabil bila dibandingkan dengan investasi lain, pergerakannya bisa cukup fluktuatif. Hal ini bisa kamu jadikan pertimbangkan saat hendak membeli atau menjual emas. Ketika harganya naik, kamu bisa saja memutuskan untuk menjual emas milikmu untuk memperoleh keuntungan.

Nah, jika ingin membeli, kamu bisa menunda dulu sampai harganya turun lagi. Namun, kalau kamu tidak sedang memiliki keperluan mendesak, lebih baik jangan jual emasmu.

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan Program Tabungan Emas

Sekarang, dengan modal yang minimal kamu sudah bisa melakukan investasi emas. Salah satu caranya adalah lewat program tabungan emas dari Pegadaian. Lewat program ini, kamu bisa membeli mulai dari 0,01 gram, lo!

Selain itu, emas yang sudah ditabung bisa dijadikan jaminan ketika kamu tengah memiliki keperluan mendesak. Emas baru dapat diambil jika sudah mencapai 5 gram.

5. Belajar dari Ahlinya

Agar tabungan emasmu lekas berkembang, tak ada salahnya belajar dari mereka yang ahli soal investasi emas ini. Cobalah untuk mencari saudara atau teman yang sudah terbukti berhasil melakoni investasi emas. Kamu bisa memintanya membagikan pengalaman.

Dengan cara ini, kamu akan dapat memangkas energi, waktu, serta biaya yang mungkin habis jika kamu hanya melakukan trial and error seorang diri. Itulah beberapa tips untuk melakukan investasi emas dengan gaji yang pas-pasan. Tidak perlu pikir-pikir lagi untuk memulai, kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.