Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Megahub Terbaik Dunia

Oleh Tommy Kurnia pada 16 Nov 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2018, 11:13 WIB
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Mita/Liputan6.com)

Liputan6.com, Tangerang - Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat 10 dalam daftar Megahubs International Index 2018. Daftar ini disusun perusahaan riset penerbangan AOG, yang menganalisis 50 bandara di seluruh dunia.

Posisi bandara Soekarno-Hatta ada di peringkat 10, mengalahkan bandara-bandara internasional di negara maju seperti Bandara Incheon, Bandara Munchen, Bandara Haneda, Bandara Sydney, dan Bandara Zurich.

Bandara Soekarno-Hatta juga mengungguli hampir semua bandara internasional di Asia Tenggara, kecuali Bandara Changi. Bandara di Singapura itu tercatat sebagai yang terbaik di Asia. Artinya, Bandara yang berlokasi di kota Tangerang ini adalah terbaik nomor dua di seantero Asia.

Indeks OAG ini dibuat dengan membandingkan angka jadwal koneksi penerbangan internasional dalam jendela waktu enam jam (six-hour window), serta jumlah tujuan yang disediakan bandara.

Total 200 bandara terbesar di dunia dikalkulasikan di daftar ini dalam satu tahun sejak Juli 2018.

"Megahubs International Index mengukur keefektivan dari hub internasional terdepan di dunia sebagai titik temu secara global dan regional, dan menyediakan sebuah platform perbandingan untuk bandara-bandara internasional tersebut," tulis OAG dalam keterangannya, Jumat (16/11/2018).

Bandara Soekarno-Hatta juga masuk ke daftar Low-Cost International Megahubs dan berada di peringkat kedua. Untuk peringkat satu dipegang Bandara Kuala Lumpur yang didominasi maskapai AirAsia.

Untuk peringkat wahid dimenangkan oleh Bandara London Heathrow yang didominasi maskapai British Airways. Di hari tersibuknya, terdapat sekiranya 66 ribu koneksi yang tiba dan berangkat dalam jendela waktu enam jam di bandara tersebut.

2 of 2

3 Bandara AP II Jadi Bandar Udara Paling Sehat di 2018

Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat 2018. (Pramita/Liputan6.com)
Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat 2018. (Pramita/Liputan6.com)

Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat Tahun 2018. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di ICE BSD City, Tangerang, Banten. 

Senior Manager Safety Risk and Quality Control AP II, Syaiful Bahri mengatakan, ketiga bandara yang memperoleh penghargaan sebagai Bandara Sehat 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Husen Sastranegara Bandung dan Tanjung Pinang.

"Ini penghargaan dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan. Dan ini kedua kalinya, kemarin itu pada 2016," ujar Syaiful, sesaat setelah terima penghargaan di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, bukan hal mudah mempertahankan salah satu prestasi tersebut. Banyak hal yang dinilai, bukan hanya terminal yang ada, tetapi seluruh aspek yang ada di dalam lingkungan bandara.

"Juga landside-nya, terminal dari sisi udara. Termasuk fasilitas penunjang yang dimiliki," katanya.

Terlebih ada beberapa stakeholder yang berada di naungan Kementerian Kesehatan langsung, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan kantor karantina hewan serta manusia. Para stake holder tersebut juga mendapatkan penilaian langsung dari kementerian.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by