Sukses

Waspadai 5 Pengeluaran Mendadak yang Kuras Dompet Ini

Apa saja 5 pos pengeluaran yang dimaksud Perencana Keuangan Safir Senduk?

Liputan6.com, Jakarta Bagi seorang pekerja, mendapatkan penghasilan setiap bulan sudah menjadi rutinitas sebagai buah dari jerih payahnya. Penghasilan ini pun kemudian dikeluarkan kembali untuk memenuhi kebutuhan hidup sang pekerja dan keluarganya.

Pengeluaran rutinitas seperti membayar sewa rumah, uang sekolah, tagihan tarif listrik, air maupun membeli kebutuhan pangan yang sudah pasti dikeluarkan setiap bulannya.

Namun, ternyata ada juga pos pengeluaran yang kerap muncul dan harus dipenuhi. Pos pengeluaran mendadak ini, menurut Perencana Keuangan Safir Senduk, yang harus diperhatikan dan diwaspadai.

"Jadi ada pos pengeluaran yang direncanakan. Meski pada praktiknya sering pengeluaran tidak hanya pos sudah direncanakan tapi juga ada yang dadakan. Seperti saudara datang dan harus keluar uang dan memang di luar rencana," jelas dia.

Adapun 5 pos pengeluaran mendadak yang patut diwaspadai menurut Safir Senduk, yakni:

1. Pos pengeluaran sakit

2. Pos pengeluaran saat terkena musibah 

3. Pos pengeluaran terkait rasa simpati pada orang lain

4.  Pos pengeluaran pembelanjaan mendadak 

5. Pos pengeluaran yang dilupakan

Ingin tahu lengkapnya penjelasan Safir Senduk, simak dalam video ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.