10 Hal Menarik soal Mark Zuckerberg yang Jarang Orang Tahu

Oleh Siska Amelie F Deil pada 15 Nov 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Nov 2018, 10:13 WIB
Bos Facebook Mark Zuckerberg Hadapi Sidang Parlemen Eropa

Liputan6.com, New York - Sebagai salah satu CEO ternama di dunia, hampir setiap orang mengenal Mark Zuckerberg. Tak heran, mengingat Facebook yang ia ciptakan kini memiliki lebih dari satu miliar pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Dengan seluruh kekayaannya, ia bahkan pernah menjadi miliarder termuda di dunia. Namun tetap saja, sekaya dan sehebat apapun, Zuckerberg tetaplah manusia biasa dengan berbagai fakta menarik dalam hidupnya.

Salah satunya, kenyataan bahwa Zuckerberg telah mampu menciptakan program sejak usia dini. Berikut 10 menarik dari Mark Zukerberg yang jarang diketahui orang seperti dilansir dari Entrepreneur.com:

1. Nyaris bekerja di Microsoft

Kantor Microsoft
Kantor pusat Microsoft

Saat masih duduk di sekolah tingkat atas, dia menciptakan aplikasi yang disebut Synapse Media Player, sebuah pemutar musik yang membuat penggunanya bisa membuat playlist sendiri. Itu juga yang sepertinya menjadi awal berdirinya Spotify atau Pandora.

Microsoft berusaha mengakuisisi bisnis tersebut. Tapi Zuckerberg menolak dan memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

2. Sudah menciptakan aplikasi sejak kecil

Saat Zuckerberg baru berusia 12 tahun, ia menciptakan program berkirim pesan instan bernama Zuckne. Aplikasi tersebut digunakan agar ayahnya yang merupakan dokter gigi dapat tahu kapan pasiennya tiba.

2 of 5

3. Buta warna

Serba-serbi Buta Warna
Serba-serbi Buta Warna

Logo Facebook berwarna biru lantaran Zuckerberg tidak bisa mengenali warna merah-hijau.

4. Bisa beberapa bahasa

Dia sangat tertarik dengan berbagai bahasa kuno seperti Latin. Tak hanya itu, Zuckerberg juga bisa berbicara bahasa Mandarin.

3 of 5

5. Menolak menjual Facebook

Facebook
logo facebook di HP (sumber: snopes.com)

Banyak perusahaan besar dan ternama yang berniat membeli Facebook. Mulai dari NewsCorp, MySpace, Viacom, Yahoo, NBC, dan Google semuanya memberikan penawaran agar Zucekerberg menjual Facebook.

Tapi miliarder muda ini tetap mempertahanan perusahaannya tersebut.

6. Punya akun Twitter

Meski memiliki akun Twitter, tentu saja, Zuckerberg tidak aktif sebagai pengguna. Tercatat dia hanya menuliskan 19 cuitan sejak bergabuk pada 2009.

4 of 5

7. Akun Facebook yang tak bisa diblokir

[Bintang] Mark Zuckerberg
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Sebagai pemilik Facebook, akun resmi Zuckerberg dan Priscilla Chan ternyata tidak bisa diblokir siapapun. Jika Anda mencoba memblokir keduanya, maka keterangan error akan muncul.

8. 12 orang mengurus akunnya

Dilaporkan Zuckerberg memiliki tim beranggotakan 12 orang untuk mengurus akun resminya. Mereka bertugas mengawasi komentar, menulis status dan menerbitkan foto di akunnya.

5 of 5

9. Kaos abunya dijual seharga Rp 5,9 juta

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook. (Doc: Wired)

Kaos abu Zuckerberg yang sangat ikonik dibuat oleh perancang asal Italia Brunello Cucinelli. Harganya ternyata tak sesederhana desainnya. Satu kaos dijual seharga USD 300 atau 4,4 juta hingga USD 400 atau sekitar Rp 5,9 juta. (USD 1= Rp 14.820).

10. Sering tertawa sendiri

Zuckerberg dikenal sering melakukan sejumlah hal yang terbilang aneh. Salah satunya adalah dia bisa tertawa sendiri saat mengingat hal-hal lucu.

Lanjutkan Membaca ↓