Sukses

Wajib Tahu, Ini Penyebab Bensin Mobil Lebih Boros

Sudah berusaha menghemat bensin mobil setiap bulannya namun masih tetap boros? Kira-kira apa saja ya penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil berbahan bakar bensin memang masih menjadi pilihan masyarakat di Indonesia karena dinilai sangat efisien dan terbilang murah.

Salah satu sistem yang bisa menghemat bensin adalah teknologi electronic fuel injection, dimana sistem tersebut bisa memaksimalkan suplai bensin ke intake manifold dengan efisien sehingga akan membuat bensin mobilmu lebih hemat saat pembuangan gas.

Teknologi ini memang sudah diaplikasikan namun yang namanya teknologi pasti ada ketidaksempurnaan yang menyebabkan mobil masih ada serangan penyakit boros BBM. Mungkin mobilmu menjadi salah satu pasien dari penyakit boros BBM ini.

Sudah berusaha menghemat bensin mobil setiap bulannya namun masih tetap boros? Kira-kira apa saja ya faktor-faktornya? Berikut penyebab bensin mobil lebih boros, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Kampas Kopling Selip

Kampas kopling yang selip bisa menyebabkan terganggunya proses powertrain dari mesin ke transmisi sehingga semua RPM mesin tidak dapat disalurkan. Hal ini yang menyebabkan kecepatan mobil tetap rendah meski sudah menginjak pedal gas full dan membuat boros bensin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Filter Udara Mampet

Fungsi dari filter udara adalah sebagai tempat penyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran. Cara kerjanya adalah memblok aliran udara di dalam saluran masuk dengan bahan seperti kertas atau kain berpori besar sehingga hanya udara yang bisa menembus lapisan filter ini.

Dalam kurun waktu yang lama, timbunan debu akan memenuhi filter udara dan harus diperiksa agar tidak mengganggu kelancaran aliran udara.

Gimana cara memeriksanya? Gampang saja, kok! Lepaskan filter dan bersihkan menggunakan air yang memiliki tekanan kuat agar debu bisa hilang. Jika tidak mau repot-repot, bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan.

3. Velg Modifikasi (Besar)

Sebagian besar kaum millennials yang memiliki mobil pribadi sendiri pasti menggunakan velg dengan lebar dan rim yang besar. Tahukah kamu jika penggunaan velg besar ini membuat BBM mobilmu menjadi lebih boros?

Namun jangan protes dulu karena ada alasan dibalik penggunaan velg besar yang membuat boros bensin ini, lo. Vels besar umumnya memiliki bobot lebih besar dan tentu saja membutuhkan tenaga ekstra jika menyetir mobilmu dengan kecepatan tinggi.

Dengan velg besar ini, akan lebih banyak gesekan dan perlu tenaga lebih besar yang membutuhkan ekstra bensin.

3 dari 4 halaman

4. Mesin Belum Tune-Up

Penyebab berikutnya adalah mesin mobil itu sendiri dimana mesin tidak dirawat seperti busi, celah katup, throttle body, injektor, dan faktor lainnya.

Maka dari itu, rawatlah mesin mobil dengan melakukan tune-up. Caranya gampang saja kok, kunjungi bengkel terdekat namun yang resmi atau bengkel langganan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Ban Kempis

Kempisnya ban mobil juga menjadi salah satu penyebab bensin mobil boros, lo. Kenapa? Karena lebih banyak gesekan antara ban dan aspal jalanan yang membuat mobil membutuhkan tenaga tambahan untuk melaju. Tentunya hal tersebut membuat bensin mobilmu menjadi boros.

 

4 dari 4 halaman

6. AC Bersuhu Paling Dingin

Menyalakan AC saat berkendara sudah menjadi hal paling wajib bagi orang Indonesia mengingat suhu yang sangat panas di siang hari. Namun, saat menyalakan AC mobil dengan suhu paling dingin di waktu yang lama malah akan membuat bensin mobilmu boros.

Alasannya adalah daya yang diperlukan kompresor AC tidak sedikit sehingga power mesin akan dibagi ke kompresor AC. Hal ini berarti membuat pembakaran bensin lebih besar.

Faktor-faktor inilah yang menyebabkan mengapa bensin mobil menjadi lebih boros. Ada baiknya untuk lebih memperhatikan perawatan mobilmu ya, khususnya para wanita yang masih kurang perhatian terhadap mobil pribadi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.