Sukses

CIMB Niaga Genjot Transaksi Nontunai Pakai QR

PT Bank CIMB Niaga Tbk terus mengupayakan efisiensi transaksi bagi para penggunanya. Melalui layanan mobile banking-nya, Go Mobile.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus mengupayakan efisiensi transaksi bagi para penggunanya. Melalui layanan mobile banking-nya, Go Mobile. Ke depannya CIMB ingin menciptakan komunitas yang bukan saja tanpa tunai (cashless), tetapi juga tanpa kartu (cardless).

Menurut Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan, pertumbuhan terbesar transaksi melalui transfer saat ini berasal dari mobile banking-nya.

"Karena setiap 2 bulan maksimum atau ke depannya setiap bulan akan ada fitur-fitur baru lewat mobile banking termasuk juga transaksi lewat kartu kredit dan lewat QR ke depannya,” tutur Lani di Jakarta, Senin (12/11/2018).

QR ini pun merupakan salah satu cara yang terus diupayakan perseroan untuk mendorong komunitas cardless. Lani meneruskan, CIMB Niaga akan terus bekerjasama dengan regulator.

"Tentu saja security harus kuat ya. Jadi bagaimana kita menciptakan transaction mode yang efisien dan tidak mahal,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Beban Operasional

Komunitas tanpa kartu ini sendiri diupayakan karena beban operasionalnya yang cukup mahal dan secara ekonomi kurang efisien. Lani memperkirakan, beban operasional yang dapat dipotong dari penerapan cardless ini cukup besar.

"Karena dari cost pencetakan kartu, pembelian kartu, dan pengiriman berkurang. Belum lagi biaya operational risk-nya,” imbuh Lani.

Ia prediksi, efisiensi dari penerapan cardless ini bisa mencapai dua digit secara persentase. Ditambah lagi melihat pergeseran transaksi yang cukup besar ke arah e-commerce. CIMB Niaga sendiri cukup kuat dalam sektor e-commerce dengan pertumbuhan year on year (yoy) di atas 25 persen. Oleh karena itu, CIMB Niaga terus menekankan segmentasi pasar transaksi online.

"Jadi ke depannya kalau pakai QR  setiap orang punya cellphone. Mau ambil uang, transfer, transaksi, ya semua pakai itu saja.” (Felicia Margaretha)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.