Sukses

Gaji Pas-Pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Tanpa Modal Ini

Gaji sebagai karyawan dirasa masih kurang untuk mencukup kebutuhan sehari-hari? Anda bisa membuka usaha sampingan tanpa modal. Cek inspirasinya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki status sebagai karyawan menjadi hal yang patut dibanggakan karena setiap bulannya Anda akan mendapatkan gaji tetap serta jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan. Tapi terkadang status karyawan menjadi dilema karena penghasilan yang didapat nominalnya tidak jauh berbeda setiap bulannya. Sedangkan pengeluaran semakin bertambah setiap bulannya.

Jika ingin meminta kenaikan gaji, Anda harus melalui beberapa proses dan tahapan terlebih dahulu. Inilah yang menjadi alasan banyak karyawan memutuskan ingin resign dan pindah ke kantor baru untuk mendapat gaji yang lebih tinggi.

Tapi jangan terburu-buru memutuskan, Moneysavers, karena kantor baru belum tentu senyaman kantor yang sekarang. Lantas bagaimana caranya agar penghasilan bisa terus bertambah setiap bulannya?

Ada solusi cerdas yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara membuka usaha sampingan. Dengan status sebagai karyawan, apakah kita masih bisa membuka usaha sampingan? Tentu saja bisa, asalkan Anda memilih peluang usaha sampingan karyawan yang tidak menyita banyak waktu.

Ketika akan membuka usaha sampingan di rumah, kita pasti akan terkendala masalah modal karena sebagai karyawan biasa pastinya penghasilan yang Anda miliki harus dicukupi untuk kebutuhan pokok.

Tapi ternyata ada lima peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal besar, mengutip dari situs perbandingan keuangan HaloMoney.co.id!

1. Reseller baju dan aksesoris online

Menjadi reseller baju dan aksesoris online adalah peluang usaha sampingan karyawan yang tidak membutuhkan modal dana karena Anda akan menjual barang-barang milik distributor atau orang lain lain.

Jadi nantinya Anda tinggal menawarkan barang-barang tersebut melalui sosial media milikmu atau melalui e-commerce dengan membuka toko online di sana. Dengan begitu kepercayaan calon konsumsen menjadi lebih tinggi karena dana ditransfer terlebih dahulu melalui rekening e-commerce.

Baju dan aksesoris menjadi barang yang paling laris dijual secara online, tapi hal ini tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin menjadi reseller barang lain seperti makanan dan minuman kemasan atau peralatan rumah tangga.

Anda bisa meng-update barang dagang dan membalas chat dari pembeli sebelum berangkat kantor, saat jam makan siang, dan setelah pulang kantor. Dengan begitu, pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terganggu.

Baca Juga : 4 Peluang Usaha Zaman Now yang Berpeluang Untung Besar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Usaha titip sarapan dan makan siang

Pernah tidak Anda datang ke kantor dalam keadaan belum sarapan tapi malas keluar kantor untuk mencari sarapan? Hal seperti ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan dengan membuka jasa usaha titip sarapan.

Tak hanya sarapan saja, tapi Anda juga bisa menawarkan jasa usaha titip makan siang karena biasanya karyawan juga malas keluar kantor untuk mencari makan siang.

Jadi nantinya Anda harus bekerjasama dengan rumah makan atau katering untuk memberikanmu komisi atau potongan harga jika Anda memesan makanan untuk sarapan dan makan siang untuk teman-teman kantor.

Dengan begitu, Anda tidak perlu capek-capek memasak dan keluar modal untuk dapat menjalankan peluang usaha sampinga karyawan ini. Komisi yang didapat kisarannya mulai dari 5-10 persen tergantung dari masing-masing tempat makan.

3. Bisnis MLM

Siapa bilang bisnis MLM (Multi Level Marketing) sudah tidak terkenal lagi? Buktinya bisnis ini masih menjamur di kalangan masyarakat dan menjadi peluang usaha sampingan karyawan.

Bisnis MLM merupakan bisnis yang cara pemasarannya berjenjang atau berantai. Jadi nantinya penjualan dari barang yang Anda jual akan diberikan komisi.

Selain itu, penjualan dari orang yang menjadi rekrutanmu juga akan menyumbangkan komisi kepadamu. Semakin banyak rekrutan, maka semakin tinggi nilai komisi yang akan Anda dapat.

Bisnis MLM ini sering dianggap negatif karena rentan penipuan. Padahal, ada banyak bisnis MLM terpercaya yang bisa Anda ikuti seperti Oriflame, Tupperware, Sophie Martin, Herbalife, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

4. Broker properti dan kendaraan

Seperti yang Anda ketahui, bisnis properti memberikan peluang untung yang cukup besar jika dibandingkan bisnis lainnya. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi broker properti.

Cari perusahaan agen properti yang menerima agen lepas sehingga Anda bisa menjadi broker properti tanpa perlu meninggalkan status karyawan.

Jumlah komisi yang didapat dari menjadi makelar properti adalah 1-5 persen dari jumlah transaksi penjualan. Coba saja Anda bayangkan jika Anda berhasil menjual rumah seharga Rp 500 juta, maka komisi yang didapat adalah Rp 500 juta x 1 persen = Rp 5 juta.

Selain properti, Anda juga bisa menjadi broker kendaraan yang akan menawarkan kendaraan, baik itu motor maupun mobil dalam keadaan baru atau bekas.

5. Buka usaha jasa sesuai keahlian

Ketika tidak ingin keluar modal untuk membuka usaha sampingan, maka jalan terbaiknya adalah mengandalkan keahlian yang kita miliki.

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki untuk bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan karyawan. Beberapa usaha jasa yang mengandalkan keahlian, seperti jasa penerjemah, jasa les private, jasa desain grafis, jasa melatih menulis, jasa mengedit naskah, dan jasa membuat blog dan website.

Itulah lima usaha sampingan yang dapat menambah penghasilanmu tanpa perlu mengeluarkan modal berarti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini