Sukses

Harga Ayam Stabil, Penjualan Daging Sapi Lesu

Awal pekan, harga daging ayam di Pasar Grogol, Jakarta Barat, terpantau stabil di kisaran Rp 30 ribu per kilogram (Kg).

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan, harga daging ayam di Pasar Grogol, Jakarta Barat, terpantau stabil di kisaran Rp 30 ribu per kilogram (Kg).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (12/11/2018), harga paha dan dada bervariasi antara Rp 45 ribu - Rp 50 ribu.

"Stabil. Sekilonya Rp 33 - Rp 30 ribu. Kalau daging fillet itu sekilonya Rp 50 ribu. Dada Rp 50 ribu, paha Rp 45 ribu. Kulit sama ceker Rp 20 ribu sekilo," ujar dia. 

Ia pun menjelaskan harga ceker dan kulit adalah harga mati, sehingga tak dipengaruhi naik turunnya daging ayam.  Dari segi omzet, Acong berkata dalam dua minggu terakhir pemasikannya masih normal. Sama dengan Kobir (45) yang  menjual ayam seharga Rp 35 ribu/kg, imenyebut omzet masih standar. 

Daging sapi harganya masih tetap bertahan di Rp 120 ribu per kg dan iga Rp 70 ribu/kg. Namun, pedagang menyebut penjualan turun. "Penjualan turun, mungkin sumber daya masyarakat berkurang mendapat karena mungkin banyak faktor, segi keuangan lagi sulit," ucap Ifong (48).

Pedagang lain Rizky (20) menjual daging sapi seharga Rp 120 ribu per kg, ati dan paru Rp 65 ribu/kg, usus 30 ribu/kg. Namun, ia menyebut penjualan sedang lesu. "Lagi kendor," ucap pria asal Tasikmalaya yang sempat ikut tes CPNS 2018 ini.

Jufran (30) asal Pandeglang, berkata harga daging sapi terlalu tinggi, akibatnya konsumsi masyarakat berkurang. Kondisi lesunya penjualan daging disebutnya sudah berlangsung cukup lama.

"Jadi orang-orang konsumsi daging kurang garanya harga Rp 120 ribu tinggi. Idealnya, Rp 100 ribu, itu normal. Kalau 120 ribu orang mikir-mikir," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantauan Pasar Pekan Lalu

Sebelumnya, harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional Mampang, Jakarta Selatan bervariasi. Harga sejumlah harga komoditas sedikit naik, adapula yang turun dan sisanya terlihat cukup stabil.

Pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta, Jumat 9 November 2018, harga komoditas yang mengalami kenaikan jika dibandingkan minggu lalu adalah jenis cabai rawit merah dan daging ayam.

Cabai rawit merah kini dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram (kg). Harga ini naik Rp 5.000 jika dibandingkan minggu lalu. Begitu juga dengan daging ayam yang kini dibanderol Rp 40 ribu per ekor, naik Rp 2.000 jika dibandingkan minggu lalu.

"Cabai itu memang suka naik turun, sekarang Rp 40 ribu per kg. Bisa jadi nanti minggu depan turun lagi, atau malah naik lagi," kata salah satu pedagang, Hartini (46).

Sementara untuk komoditas yang turun, seperti cabai merah besar dan cabai merah keriting yang keduanya turun Rp 4.000 menjadi Rp 36 ribu per kg. Penurunan juga terjadi untuk bawang putih yang kini dijual Rp 26 ribu per kg dari minggu lalu Rp 28 ribu per kg.

Sedangkan untuk komoditas pangan yang harganya stabil seperti bawang merah Rp 32 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg, telur ayam Rp 22 ribu per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per kg dan daging sapi Rp 120 ribu per kg.

"Kalau kami sebagai pedagang intinya jualan laku, masih bisa untung itu sudah cukup. Kalau mau naik ya sewajarnya saja lah, itu biasa," jelas pedang sembako Rohmadi (38).

Di Pasar Mampang ini, untuk beras, yang memiliki kualitas sedang dijual cukup variatif mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kg. Dan untuk kualitas premiumnya mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 14.500 per kg. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.