Yuk, Simak 6 Tips Aman Berbelanja di Harbolnas 11.11

Oleh Liputan6.com pada 11 Nov 2018, 15:00 WIB
[Bintang] Belanja Online.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu para pecinta belanja online. Ada begitu banyak potongan harga yang ditawarkan berbagai e-commerce menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11 November 2018 atau sering disebut 11.11.

Berburu diskon besar-besaran saat Harbolnas memang sangat menyenangkan. Pasalnya, Anda bisa mendapat banyak keuntungan dan memborong banyak barang dengan modal yang lebih sedikit dari biasanya.

Namun, Anda juga harus ingat untuk berhati-hati saat belanja online untuk menghindari penipuan. Mengutip Lifehack, berikut 6 tips menikmati belanja online dengan aman, Minggu (11/11/2018):

 1. Gunakan jaringan koneksi yang aman

Saat melihat-lihat situs e-commerce untuk memilih barang dan berbelanja, pastingan jaringan koneksi atau WiFi yang Anda gunakan aman. Apalagi saat melakukan pembayaran dimana Anda harus memasukan informasi pribadi atau nomor kartu kredit Anda.

Menggunakan jaringan yang tidak aman meningkatkan risiko Anda untuk menjadi target hacker. Anda bisa terlebih dahulu memilih barang yang ingin dibeli dan memasukkannya ke shopping cart. Setelah itu, lakukan transaksi menggunakan jaringan pribadi.

2. Kenali Situs yang Digunakan

Saat ini ada begitu banyak situs e-commerce yang menawarkan berbagai promo menarik. Anda mungkin tergiur untuk mendapatkan diskon besar dari vendor yang tidak dikenal.

Namun sebaiknya, Anda tetap menggunakan situs yang sudah dikenal banyak orang. Ini untuk menghindari terkena penipuan online. Jangan terjebak dengan harga yang murah atau diskon besar-besaran.

 Jika diskon atau harga barang terkesan tidak rasional, hindari untuk membeli produk tersebut.

3. Cek alamat web

Jika suatu situs dimulai dengan HTTP dan bukan HTTPS, artinya situs tersebut tidak aman. S pada HTTPS berarti secure atau aman.

Juga periksa apakah kolom alamat web memiliki ikon gembok. Lambang ini merupakan indikator atas kemanan situs yang Anda akses. Fitur ini membuat transaksi yang dilakukan lebih terjamin dengan adanya lapisan keamanan.

 

2 of 2

Langkah Lain

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

4. Gunakan Kartu Kredit

Saat melakukan transaksi, ada baiknya Anda menggunakan kartu kredit alih-alih debit. Ini karena kartu kredit lebih menjamin keamanan transaksi Anda.

Kebanyakan perusahaan kartu kredit menawarkan proteksi pembelian. Artinya, Anda tidak akan ditagih atas pembelian yang dilakukan jika kartu Anda dicuri atau terkena penipuan.

5. Simpan Bukti Pembayaran

Kapanpun Anda berbelanja online, selalu simpan salinan pemesanan dan bukti transaksi yang dilakukan. Dengan demikian, Anda memiliki bukti atas pembelian yang dilakukan di kala ada masalah dengan proses pemesanan.

Laman konfirmasi biasanya memiliki bukti pembayaran dan nomor konfirmasi. Simpan informasi ini sampai Anda menerima barang yang dipesan.

6. Periksa Tagihan Kartu Kredit

Yang tak kalah penting, selalu periksa tagihan kartu kredit Anda. Ini untuk memastikan bahwa jumlah yang ditagih sesuai dengan nilai uang yang Anda keluarkan.

Jika ada tagihan Anda yang tidak sesuai, segera hubungi perusahaan kartu kredit Anda untuk melaporkannya. Ini juga membantu Anda untuk melacak pengeluaran bulanan agar tidak boros.

 Dengan menerapkan sikap hati-hati dan waspada seperti metode di atas, Anda pun bisa menikmati berbelanja online dengan nyaman dan menghindari penipuan. (Felicia Margaretha)

Lanjutkan Membaca ↓