Sukses

Mau Beli Perabotan Rumah Tangga? Ada Baiknya Anda Catat Hal Ini

Untuk yang ingin membeli perabotan rumah tangga, hanya mau mengingatkan hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli. Apa aja sih?

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa alasan saat memutuskan untuk membeli perabotan rumah tangga yang baru. Misalnya, perabotan lama sudah usang, rusak, atau kehilangan fungsi atau pindah ke hunian baru.

Untuk membeli perabotan rumah tangga, bisa membelinya di mal-mal ataupun toko-toko tradisional. Biasanya mereka menjual banyak versi dan jenis perabotan. Mulai dari perabotan klasik hingga perabotan modern yang terbuat dari berbagai bahan, seperti plastik dan logam.

Untuk yang ingin membeli perabotan rumah tangga, hanya mau mengingatkan hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Buat Daftar Belanjaan

Catatlah semua perabotan yang ingin dibeli, terutama yang paling dibutuhkan. Urutkan dari prioritas utama hingga ke prioritas terakhir agar tahu barang mana yang harus didahulukan.

Setelah membuat daftar belanjaan, kunjungi beberapa toko yang menjual perabotan rumah tangga. Cek model, harga, dan kualitas yang ditawarkan berbagai tempat agar mengetahui tempat mana saja yang menawarkan barang paling diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tentukan Budget

Sebagai pembeli yang bijak, tetap harus tahu kisaran harga perabot yang ingin dibeli agar bisa memperkirakan berapa budget yang harus dipersiapkan.

Gunakan uang tabungan atau kartu kredit jika ingin menghemat uang tunaimu. Pilihlah toko dimana bisa mendapatkan diskon jika menggunakan kartu kredit atau yang memberikan fasilitas cicilan 0 persen. Promo dan diskon seperti ini akan sangat berguna mengingat harga perabotan rumah tangga cukup mahal.

3. Kualitas Prima

Penting bagimu mengutamakan kualitas karena perabot berkualitas bagus akan lebih tahan lama. Meski harus merogoh kocek berlebih, hal ini akan membuatmu lebih puas dan menguntungkan karena barang bisa tahan lebih lama. Hal ini akan menghindarkan dari pengeluaran membeli perabotan baru di kemudian harinya.

3 dari 4 halaman

4. Pilih Perabotan yang Multifungsi

Semakin banyak fungsi perabot yang dipilih, maka semakin besar juga nilai yang didapatkan untuk uang yang dikeluarkan. Lebih ringkas mengeluarkan uang lebih untuk perabot multifungsi dibanding membeli perabot murah, tapi dengan fungsi terbatas.

Jika membeli oven yang bisa menjadi pemanggang roti, sebenarnya menghemat uang karena tidak perlu membeli lagi pemanggang roti.

5. Garansi

Pastikan seluruh perabotan rumah tangga yang dibeli dilengkapi dengan fasilitas garansi. Jadi, jika terjadi kerusakan, bisa mengajukan claim perbaikan secara gratis. Semakin besar dan lama garansi yang diberikan, maka akan lebih menguntungkan.

Pastikan juga apakah pembuat perabot memiliki service center di kota yang ditinggali. Jadi jika ada yang rusak, tidak perlu menunggu lama untuk dibetulkan.

4 dari 4 halaman

6. Perabotan Minim Biaya Perawatan

Meski membeli perabotan baru, bukan berarti harus melupakan biaya untuk perawatan. Pertimbangkan kemudahan merawat perabot yang dibeli.

Jika terbuat dari kayu, harus rajin-rajin mengelap perabot tersebut dengan semir khusus untuk kayu. Jika membeli mesin cuci, perhatikan pula listrik dan jumlah air yang dibutuhkan selama penggunaan.

Itu dia hal-hal yang wajib dicatat dan perhatikan sebelum membeli perabotan rumah tangga yang baru. Ingat, membeli sesuatu harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli sesuatu hanya karena ingin bukan karena butuh.

Semoga membantu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.