Sukses

Geser Myanmar, RI Jadi Negara Paling Dermawan Nomor 1 di Dunia

Indonesia menggeser posisi Myanmar sebagai negara paling dermawan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Indonesia mencapai peringkat teratas sebagai negara paling dermawan di World Giving Index 2018. Indonesia melewati negara-negara maju lain seperti Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Singapura, dan Belanda.

Berdasarkan laporan Charities Aid Foundation (CAF) asal Britania Raya, Indonesia naik satu peringkat dari tahun sebelumnya dan menggantikan Myanmar yang selama empat tahun berturut-turut menempati posisi pertama.

CAF mencatat, negara-negara maju (developed nations) menjadi makin dermawan, persentase mereka menyumbang uang naik dari 40 persen menjadi 42 persen. Sementara, persentase negara-negara berkembang (developing nations) untuk menyumbang uang turun dari 25 persen ke 21 persen.

Bila dilihat masing-masing kategori skor di antara 10 besar, Indonesia unggul di kategori Donasi Uang (78 persen) dan Waktu Menjadi Relawan (53 persen). Hanya saja. nilai Indonesia relatif rendah dari sejumlah negara lain di kategori Menolong Orang Asing (46 persen).

"Tahun ini begitu menentramkan karena jutaan orang lebih telah membantu orang lain dan menyumbangkan waktu mereka. Namun, turunnya (persentase) global dalam menyumbang uang adalah sebuah kekhawatiran, sebab efek kumulatif dari uang yang disumbangkan dapat memiliki efek luar biasa," ujar Chief Executive CAF Sir John Low.

Irlandia, Britania Raya, dan Singapura saat ini sedang meningkatkan skor dermawan mereka yakni masing-masing bertambah 3 persen, 5 persen dan 13 persen. Dan negara yang skornya paling jatuh adalah Myanmar yang turun 11 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut 10 besar negara paling dermawan versi CAF:

1. Indonesia

2. Australia

3. Selandia Baru

4. Amerika Serikat

5. Irlandia

6. Britania Raya

7. Singapura

8. Kenya

9. Myanmar

10. Bahrain

3 dari 3 halaman

Bill Gates Sumbang Rp 545 Triliun Selama Hidupnya

 Pendiri Microsoft Bill Gates pernah menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes 400 selama 24 tahun berturut-turut. Sekarang, posisi dia sebagai orang terkaya sudah digeser oleh Pendiri Amazon Jeff Bezos.

Bill Gates memang bukan lagi nomor satu dalam hal kekayaan. Hanya saja, dia masih nomor satu dalam hal berderma. 

Menurut laporan Forbes, Bill Gates merupakan orang paling dermawan di Amerika Serikat (AS). Sepanjang hidupnya, dia telah menyumbangkan USD 35,8 miliar. 

Pasangan Bill dan Melinda Gates terkenal hobi berkeliling dunia dalam rangka menumpas kemiskinan. Lewat Gates Foundation yang mereka dirikan, mereka telah berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang.

Tahun lalu, dia menyumbangkan mayoritas saham yang dia miliki di Microsoft, dan hanya memegang 1,3 persen saham. Posisinya saat ini di Microsoft adalah sebagai penasihat teknologi. Terkini, harta Bill Gates ditaksir mencapai USD 97 miliar.

Bill Gates juga terkenal akrab dengan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett. Pada Juli lalu, Buffett memberikan donasi pada Gates Foundation.

Ternyata, Warren Buffett adalah miliarder paling dermawan kedua di AS. Investor berusia 88 tahun itu telah menyumbangkan uang sebanyak USD 35,1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.