Sukses

Jejak Karier Hexana Tri Sasongko, Bos Baru Jiwasraya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN selaku pemegang saham PT Asuransi Jiwasraya (Persero) resmi mengangkat Hexana Tri Sasongko sebagai Direktur Utama Jiwasraya untuk menggantikan Asmawi Syam. 

Penyerahan SK pengangkatan Hexana Tri Sasongko dilakukan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal di Lantai 7 Kementerian BUMN, Senin (5/11/2018). Hexana sendiri sebelumnya baru diangkat sebagai Direktur Investasi dan Information & Technology Jiwasraya tahun ini.

Sebelum berkarier di Jiwasraya, Hexana banyak berkecimpung di dunia perbankan. Pria kelahiran Klaten ini memulai kariernya di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) pada 1999 sebagai Kepala Bagian Pasar Uang Divisi Treasury Kantor Pusat BRI (1999). Pada 2011,

Hexana diangkat sebagai Kepala Divisi Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Kantor Pusat BRI (2011). Tiga tahun setelahnya, ia ditunjuk sebagai Kepala Divisi Corporate Development & Strategy Kantor Pusat BRI (2014).

Selang 1 tahun, kariernya menanjak dengan mengisi kedudukan Senior executive Vice President Direktorat IT Strategy & Satelite BRI (2015). Dua tahun selanjutnya, ia dipercaya sebagai Senior Executive Vice President Direktorat Treasury & Global Services BRI (2017).

Pada 2013, ia juga ditunjuk sebagai BRISat Project Manager sekaligus Satellite Mission Director saat peluncuran BRISat pada Juni 2016. Hexana merupakan lulusan Universitas Airlangga dengan gelar sarjana hukum pada 1986. Ia juga memegang gelar MBA untuk International Business dari Monash Mt. Eliza Business School di Monash University, Melbourne, Australia pada 1986.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Regenerasi dan Tanggapan Asmawi

Pengangkatan Hexana dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor 286/MBU/11/2018 dan dilakukan dalam rangka mengembangkan bisnis baru yang berbasis Information Technology (IT). Pergantian ini juga sebagai upaya penguatan investasi perusahaan sekaligus melakukan regenerasi untuk menciptakan kepemimpinan yang berkelanjutan.

Hexana mengungkapkan, dirinya akan meneruskan dan mengembangkan program-program unggulan yang ada dengan perbaikan bisnis proses berbasis digital. Tujuannya untuk memudahkan akses masyarakat kepada produk-produk Jiwasraya.

Ia meneruskan, dirinya akan menerapkan manajemen risiko secara disiplin dalam pengelolaan investasi keuangan. Termasuk juga meningkatkan kerjasama penyediaan layanan kebutuhan asuransi jiwa bagi BUMN.

"Kami akan melanjutkan dan terus mengembangkan program-program yang sudah dirintis bersama Bapak Asmawi demi Jiwasraya yang lebih baik dan modern," kata Hexana.

Meski diberhentikan, Asmawi yakin Hexana adalah sosok yang tepat untuk memimpin Jiwasraya menuju bisnis yang modern. 

"Saya percaya bahwa regenerasi ini akan berjalan dengan baik. Sebab, selama ini kami memiliki komitmen yang sama untuk meningkatkan daya saing Jiwasraya di masa depan," tutup Asmawi. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.