Menhub Periksa Kelayakan Seluruh Pesawat Lion Air

Oleh Merdeka.com pada 04 Nov 2018, 17:11 WIB
Menhub Tinjau Identifikasi Barang Temuan dan Serpihan JT 610

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan ramp check atau pemeriksaan kelayakan jalan pesawat secara menyeluruh terhadap Lion Air. Ini dilakukan sebagai upaya keamanan usai insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 619 di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

"Berkaitan dengan seluruh operator Airlines kita akan lakukan ramp check seperti yang kita lakukan tadi dengan (Boeing) 737 max sehingga kita harapkan bahwa suatu kepastian kelayakan udara," kata Budi saat ditemui di Soekarno-Hatta, Tanggerang, Minggu (4/11/2018).

Budi mengatakan, sejauh ini dirinya sudah meminta kepada Direktorat Jenderal Udara Kementerian Perhubungan untuk melakukan evaluasi terkait kejadian ini. Sehingga regulasi yang berkaitan dengan keamanan pun dapat terus ditingkatkan.

"Ini juga mulai Senin akan dilakukan dan akan di-review secara detail," kata Budi.

Memhub Budi menambahkan, selain akan melakukan remp check terhadap keseluruhan Airlines, pihaknya juga sudah melakukan spesial audit. Audit ini berkaitan dengan standar operasional prosedur (SOP) hingga kualifikasi awak pesawat. "Dalam waktu dekat ini akan kita dapatkan laporannya," imbuhnya.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi tadi melakukan peninjauan ramp check atau pemeriksaan kelayakan jalan kendaraan di Terminal 1B, Bandara Soekarno-Hatta (Soeta), Tangerang.

Dari pantauan, Budi mulai melakukan pengecekan untuk pesawat Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia, dan 10 sisanya merupakan milik Lion Air.

Selama melakukan pengecekan, beberapa kali Menhub Budi tampak mendengar penjelasan dari petugas inspektor pesawat.Sejumlah bagian dari pesawat pun tak luput dari pemeriksaan. Mulai dari roda, mesin pesawat hingga meninjau ke kabin pilot.

"Hari ini kami melakukan suatu koordinasi dengan semua unsur dengan semua operator bandara, operator navigasi, otban (otoritas bandara) dan juga operator Lion Air. Tentu untuk memastikan bahwa Kementerian Perhubungan konsisten memastikan semua kelayakan bandara-bandara di Indonesia terjaga dengan baik," kata Menhub Budi saat ditemui usai melakukan pengecekan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 of 2

Simak video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓