Sukses

Masuk Musim Hujan, Harga Sayur Merangkak Naik

Memasuki musim hujan, harga sayuran di Pasar Sumber Artha Bekasi Barat tercatat mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, harga sayuran di Pasar Sumber Artha Bekasi Barat tercatat mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut terjadi pada komoditas timun, tomat, dan wortel. Sedangkan untuk cabai dan bawang harganya stabil.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (02/11/2018), salah satu pedagang sayur di Pasar Sumber Artha, Robi (38) menuturkan, harga tomat dan wortel naik sebesar Rp 2.000 per kilogram (kg) sejak bulan lalu.

"Tomat dan wortel sama-sama naik, belinya aja udah Rp 12 ribu, jadi kami jualnya sekarang Rp 14 ribu per kg. Biasanya kan juga Rp 10 ribu per kg," kata dia.

Robi mengungkapkan harga timun juga ikut naik. Timun saat ini dibanderol Rp 12 ribu per kg, dari semula yang hanya Rp 10 ribu per kg.

"Kalau terong masih normal, Rp 10 ribu per kg," ungkapnya.

Sedangkan untuk bawang putih di harga Rp 35 ribu per kg dan bawang merah, ia mematoknya di harga Rp 20 ribu per kg.

"Masih pada normal untuk bawang, cabai sih yang agak sedikit naik," ujar Robi.

"Kalau cabai keriting merah besar Rp 45 ribu per kg, naik Rp 5 ribu itu. Cabai rawit merah Rp 30 ribu per kg, naik sedikit ini," ia menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak di Pasar Induk

Masih dalam tempat yang sama, Abdul (29) menyebutkan, komoditas sayuran memang alami kenaikan harga. Itu ia sudah dapati sejak membelinya dari pasar induk Kramat Jati.

"Tergantung belinya, ada yang beli kantongan, ada yang milih. Kalau kantongan biasanya lebih murah karena yang jelek juga diambil. Kalau kita milih lagi, yang milih ini jadinya biasanya agak mahal," jelas dia.

Meski bersebelahan, Abdul menjajakan harga cabai sedikit di atas harga yang dibanderol oleh Robi pada hari ini. Abdul mematok cabai keriting merah di kisaran Rp 45 ribu - Rp 48 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit merah ia banderol di harga Rp 30 ribu per kg.

"Untuk harga bawang masih normalah, bawang putih sekarang Rp 35 ribu per kg, itu juga tergantung jenisnya. Bawang merah juga kita jual antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg, belum naik banget," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.