Sukses

5 Hal yang Harus dan Tidak Perlu Dihemat, Apa Saja?

Hal-hal apa saja yang harus kamu hemat dan hal-hal apa saja yang tidak harus dihemat. Apa aja sih?

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, banyak sekali kontradiksi di dalam kepala kita jika sudah memikirkan banyak hal yang ingin dimiliki. Ingin berhemat tapi disisi lain juga ingin memenuhi hasrat untuk membeli. Apalagi jika masih belum bisa membedakan pengeluaran mana yang harus diperketat atau sebaliknya.

Misalnya, disaat kita ingin membeli smartphone terbaru, pernahkah kita mempertimbangkan apakah kita sangat membutuhkannya? Atau disaat kita ingin membeli sebuah buku, pernah terlintas di pikiran bahwa tidak ada salahnya untuk membelinya?

Nah Sobat, di artikel kali ini akan membahas tentang hal-hal apa saja yang harus kamu hemat dan hal-hal apa saja yang tidak harus dihemat. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut, seperti dikutip dari TunaiKita:

Hal-hal yang Tidak Perlu Dihemat

Yang harus diingat, menggunakan uang untuk sesuatu yang bermanfaat akan menghasilkan output yang bermanfaat pula untuk diri kita.

Daripada menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting dan jelas kegunaannya, ada baiknya kamu mengalokasikan uang milikmu ke hal-hal berikut ini:

1. Pendidikan

Pendidikan merupakan hal pertama yang masuk dalam kategori pengeluaran yang tidak perlu dihemat. Pendidikan yang dimaksud tidak melulu mengenai jenjang kuliah. Bisa dalam bentuk lain seperti kursus bahasa asing, kursus musik, masak, dan lain sebagainya.

Memaksimalkan edukasi sudah seharusnya dijadikan prioritas utama. Mengeluarkan uang untuk mempelajari hal baru tidak akan pernah rugi, lo. Ilmu yang sudah didapatkan bisa diterapkan dan diaplikasikan seumur hidup, Sobat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Buku

Jika kamu seseorang yang sedang membaca, maka buku menjadi hal yang tidak perlu kamu hemat. Seperti yang sering diucapkan oleh banyak orang sukses di dunia, semakin banyak kamu membaca, maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu dapatkan.

Selain itu, buku merupakan benda yang tidak membutuhkan daya tambahan, atau diisi ulang atau membutuhkan biaya perbaikan. Selain itu, buku juga bisa kamu wariskan dari generasi ke generasi.

3. Makanan

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli tas yang sangat mahal, kamu bisa menabung untuk bisa merasakan makanan yang baru.

Uang tersebut bisa juga kamu gunakan untuk belajar memasak makanan dari budaya lain. Sudah banyak sekolah memasak yang mendatangkan pengajar dari luar negeri.

Sebagai contoh kamu bisa belajar dari koki Italia mengenai cara membuat makanan ringan yang sangat enak untuk disajikan pada keluarga dan teman-teman.

3 dari 6 halaman

4. Liburan

Sekilas mungkin liburan terkesan akan menghabiskan isi tabungan. Akan tetapi, pengalaman yang akan didapatkan ketika mengunjungi tempat-tempat baru akan sangat setimpal dengan biaya yang dikeluarkan.

5. Musik

Belajar memainkan instrumen musik adalah bekal yang sangat baik dan bisa menurunkan pengetahuan bermusik pada anak. Selain itu, tentunya bisa membuat kenangan bersama.

Juga, dengan belajar memainkan alat musik, bisa menghasilkan karya-karya yang bisa sangat menguntungkan bagi kamu nantinya.

4 dari 6 halaman

Hal-hal yang perlu dihemat

Membeli barang yang memiliki jangka waktu pendek baik dalam hal fungsi, penggunaan, dan ketahanan barang, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Ada baiknya kita menghindari pengeluaran konsumtif seperti di bawah ini:

1. Elektronik

Elektronik memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Seperti televisi, vacuum cleaner, microwave, dan barang-barang elektronik lainnya.

Meski sudah menjadi kebutuhan, tapi bukan berarti harus menghabiskan banyak uang untuk membeli semua barang dengan model yang terbaru.

Harus diingat, elektronik akan selalu mengalami pembaharuan versi. Jadi selama barang yang lama masih berfungsi, kenapa harus membeli yang baru?

2. Fesyen

Sandang memang masuk dalam kategori kebutuhan primer. Tidak ada salahnya membelanjakan uang untuk membeli baju, sepatu, ataupun tas.

Akan tetapi, terlalu konsumtif dalam memenuhi kebutuhan fesyen dan selalu mengikuti tren terbaru juga akan berujung petaka untuk stabilitas keuangan.

5 dari 6 halaman

3. Kendaraan

Berusaha untuk tetap memiliki mobil atau motor dengan model terbaru bukanlah gaya hidup yang tepat kecuali memiliki kondisi keuangan yang memungkinkan.

Hal tersebut akan menuntunmu pada kebiasaan berhutang yang tidak ada ujungnya. Jika seperti ini terus, susah untuk meraih kesuksesan dengan kebiasaan mengganti-ganti mobil dengan model terbaru.

4. Perhiasan

Jika perhiasan yang dibeli tidak memiliki nilai investasi, maka sebaiknya hindari menghabiskan uang untuk membeli barang seperti jam tangan, gelang tangan, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

5. Perabotan dan Dekorasi Rumah

Akan selalu ada tema baru dan indah yang bisa digunakan untuk menghias rumah. Namun, tidak perlu menghabiskan berjuta-juta rupiah untuk mendapatkan dekorasi rumah agar tampak menawan.

Perlu diketahui dan dilakukan hanyalah belajar untuk membuat sendiri hiasan-hiasan rumah yang diinginkan dan mendapatkan bentuk rumah idaman.

Itu dia hal-hal yang perlu dihemat dan hal-hal yang tidak perlu dihemat. Kita harus bijak dalam mengatur pengeluaran. Memilah hal-hal mana yang dibutuhkan dan hal-hal mana yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Semoga membantu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini