Sukses

Dukung Pariwisata, ASDP Indonesia Ferry Luncurkan KMP Komodo

KMP Komodo diharapkan mampu menjadi bagian dari komunitas penyedia kapal wisata yang telah hadir sebelumnya di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan meluncurkan KMP Komodo, yang akan menjadi moda alternatif bagi masyarakat dan seluruh wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, sejak awal, rencana kehadiran KMP Komodo di Labuan Bajo didukung oleh Gubernur NTT sebagai alternatif moda transportasi laut ke pulau Komodo dan sekitarnya.

"KMP Komodo diharapkan mampu menjadi bagian dari komunitas penyedia kapal wisata yang telah hadir sebelumnya di Labuan Bajo," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (27/10/2018).

Tentunya, pemerintah daerah telah berupaya untuk mengatur seluruh pelaku pariwisata di Labuan Bajo, khususnya angkutan umum di laut agar dapat bersaing dengan sehat dan mendapat manfaat yang adil atas potensi ekonomi dari sektor pariwisata, serta dapat memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan.

Tidak hanya Pemprov NTT, Gerakan Peduli Pariwisata Manggarai (GP2M) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia juga menyambut baik dan mendukung upaya Pemerintah Daerah dan ASDP Indonesia Ferry dalam menyediakan moda transportasi aman, nyaman, dan terjangkau.

Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat Tahun 2017 mencatat, total kapal wisata di Labuan Bajo berjumlah 529 unit dengan jenis ukuran di bawah dan di atas 7 GT serta jenis kapal diving.

Dari total kapal tersebut, dengan asumsi kapasitas daya tampung masing-masing kapal sebanyak 12 orang penumpang, maka potensi penumpang yang dilayani di kawasan pariwisata Labuan Bajo dapat mencapai 6.348 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASDP Indonesia Kembali Buka Layanan Feri Lombok-Bali

Pelayanan feri Lembar-Padangbai yang menghubungkan wilayah Lombok dan Bali maupun di Cabang Kayangan telah kembali beroperasi.

Layanan kegiatan operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sempat terhenti seiring gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu malam, 5 Agustus 2018. Hal tersebut berakibat pada pemadaman listrik di wilayah NTB.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Imelda Alini, mengatakan, Senin pagi (6/8/2018) ini dilaporkan kondisi di Pelabuhan Lembar sudah relatif aman dan normal.  

"Jaringan listrik sudah menyala kembali, dan aktivitas pelabuhan sudah dibuka. Kapal juga sudah mulai melakukan pemuatan penumpang dan kendaraan. Demikian juga, layanan di Pelabuhan Kayangan (melayani lintasan Kayangan-Pototano), sejak pukul 05.30 wita telah kembali beroperasi normal," tutur Imelda

Ia menuturkan, pada Minggu malam, 5 Agustus 2018 memang sempat tidak ada layanan penyeberangan maupun aktivitas di Pelabuhan Lembar dan Kayangan pascagempa bumi yang kembali mengguncang Lombok. 

Penghentian layanan operasional ini lantaran pascagempa bumi berkekuatan 7 SR Minggu malam, jaringan listrik padam hampir di seluruh wilayah NTB, termasuk Pelabuhan penyeberangan yang ada di Lembar maupun Kayangan. Layanan oprasional akan kembali normal usai situasi benar-benar aman bagi layanan penyeberangan maupun aktivitas di pelabuhan.

Dilaporkan, pemadaman listrik di Pelabuhan Lembar terjadi hingga Minggu 5 Agustus 2018 pukul 22.30 Wita. Kendati demikian, dilaporkan tidak ada kerusakan signifikan pada fasilitas sisi pelabuhan maupun kapal baik di pelabuhan Lembar maupun Kayangan.

Tercatat, di Pelabuhan Kayangan terdapat 4 unit kapal milik ASDP dari total 24 unit kapal yang beroperasi di sana. Sementara, di Pelabuhan Lembar tercatat ada empat unit kapal milik ASDPdari total 37 unit kapal yang beroperasi di lintasan Lembar-Padangbai tersebut.

Selain itu, di lintasan Ketapang-Gilimanuk, Bali dilaporkan juga kondisi operasional penyeberangan di sana tetap berjalan normal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT ASDP Indonesia Ferry adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa angkutan penyeberangan.

    ASDP Indonesia Ferry

  • Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini termasuk salah satu Keajaiban Alam (7 wonders)
    Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini termasuk salah satu Keajaiban Alam (7 wonders)

    Pulau Komodo

  • Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Labuan Bajo