Sukses

5 Kesalahan Terbesar saat Mengelola Uang

Berikut lima kesalahan mengelola uang terbesar. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memulai, Anda mungkin membuat beberapa pilihan tentang keuangan. Kebiasaan yang Anda bentuk sekarang akan memengaruhi Anda selama sisa hidup. Penting bagi Anda untuk menjernihkan konsep uang biasa, sehingga Anda dapat menghindari membuat kesalahan.

Kesalahan keuangan bisa sulit dijernihkan dan umumnya perlu waktu untuk diperbaiki. Memahami kesalahan keuangan yang paling umum akan membantu Anda membuat pilihan keuangan yang lebih baik di masa depan. Menghindari kesalahan uang atau kesalahan kredit dapat menghemat uang, waktu, dan stres.

Seperti dikutip dari Laruno.id, berikut lima kesalahan mengelola uang terbesar:

1. Menggunakan Kartu Kredit untuk Biaya Sehari-hari

Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk menutupi kekurangan dalam pengeluaran, Anda dapat menghabiskan banyak sekali utang dalam waktu yang sangat singkat.

Orang cenderung membelanjakan lebih banyak uang ketika mereka membayar dengan kredit, dan juga lebih mudah untuk berhenti memperhatikan anggaran ketika Anda terus-menerus jatuh kembali ke kartu kredit.

Anda harus berhenti menggunakan kartu kredit dan mulai mengikuti anggaran untuk membuang kebiasaan kartu kredit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hidup Tanpa Asuransi

Banyak orang memilih hidup tanpa asuransi untuk menghemat uang. Asuransi adalah jaring pengaman Anda. Itu ada untuk melindungi Anda dari kebangkrutan dan memastikan bahwa Anda memiliki hal-hal yang dibutuhkan.

Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan asuransi dasar, termasuk asuransi kesehatan untuk melindungi diri dari masalah di masa depan.

3. Tidap Pernah Menetapkan Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan memberi Anda langkah-langkah untuk dikerjakan. Tujuan ini harus meliputi hal-hal yang positif, seperti ingin memiliki rumah, memulai bisnis sendiri, atau pensiun.

Jika Anda tidak menetapkan tujuan tertentu, Anda akan tergelincir. Anda mungkin tidak pernah sampai ke titik di mana Anda memiliki tabungan untuk rumah atau berada dalam posisi yang baik ketika saatnya untuk pensiun. Luangkan waktu untuk menetapkan tujuan keuangan yang kuat dan tinjau setiap tahunnya.

3 dari 3 halaman

4. Mengabaikan untuk Mengatur Rencana Keuangan

Ketika Anda tidak memiliki rencana keuangan, Anda tidak akan bergerak maju untuk mencapai tujuan keuangan. Rencana keuangan dapat membantu Anda memastikan pengeluaran sesuai dengan prioritas.

Rencana keuangan akan membantu Anda memutuskan kapan harus mulai menginvestasikan uang, berapa yang harus ditabung untuk pensiun, dan sasaran keuangan lainnya. Luangkan waktu untuk menyiapkan rencana keuangan Anda hari ini.

5. Gagal dalam Penganggaran

Ketika Anda tidak memiliki anggaran, Anda tidak memiliki kendali atas keuangan. Gagal dalam anggaran dari bulan ke bulan, berarti Anda tidak mengendalikan situasi keuangan.

Akan sulit untuk mencapai tujuan keuangan ketika Anda tidak memiliki anggaran yang tetap. Luangkan waktu sekarang untuk menyiapkan anggaran, dan terus melakukannya setiap bulan.

Anda dapat mulai membuat keputusan keuangan yang lebih baik jika Anda menganggarkan dan tahu persis ke mana perginya uang setiap bulan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini