Sukses

Cerita Ame Raincoat, Pembuat Jaket yang Dibeli Jokowi saat IdeaFest

Produk yang diboyong seharga Rp 499.000 itu kemudian langsung dikenakan Jokowi untuk berkeliling melihat pameran lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Chief Executive Officer (CEO) Ame Raincoat, Mirza Miftah, tak pernah menyangka jika produk buatannya akan dilirik seorang kepala negara.

Mirza pun mengaku kaget saat gerai pamerannya di Idea Fest 2018 dihampiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak hanya menyambangi, kepala negara juga memboyong salah satu produk jaket andalan dari produknya. "Ini apa ya mas?," kata Mirza menirukan perkataan Jokowi, pada Jumat (26/10/2018).

Mendengar pertanyaan itu, kemudian Mirza menjelaskan produk yang ditanyakan Jokowi tersebut. Produk Ame Raincoat tipe Authentic Series yang bisa dipakai ketika dalam keadaan hujan mapun tidak.

"Iya pak ini bisa kalau dipakai ke Papua untuk dinas, terus dia (Jokowi) tertarik," kata Mirza.

Tanpa berpikir panjang, kata Mirza, Presiden Jokowi langsung membeli jaket tersebut. Produk yang diboyong seharga Rp 499.000 itu kemudian langsung dikenakan Jokowi untuk berkeliling melihat pameran lainnya.

"Harga ritelnya segitu. Asal dari Bandung," kata Mirza.

Mirza mengatakan, pameran kali ini bukanlah kali pertamanya. Sejak mendirikan usaha tiga tahun lalu, dirinya sering mengikuti pameran-pameran di beberapa event.

Namun satu kebanggaan bagi dirinya di event kali ini, salah satu produknya bisa dibeli pemimpin negara.

 

Sementara itu, saat ditanya mengenai omset penjualan, dirinya mengaku mampu mengantongi puluhan juta dalam setiap bulannya. "Omset setiap bulan kita waktu itu di pameran bisa Rp 40 sampai 50 juta per bulan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku spontan saja membeli jaket tersebut. Tidak ada rencana membeli jaket Ame Raincoat di salah satu gerai pameran Idea Fest.

"Ya spontan lah, spontan-spontan saja," kata Presiden Jokowi.

Bukan kali ini saja Jokowi membeli jaket lokal. Saat melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah di Tanah Air atau menghadiri acara tertentu, Presiden Jokowi kerap membawa pulang jaket baru. Seperti jaket Bulls Syndicate, Rawtype Riot, dan jaket hasil kreasi Never Too Lavish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini