Pemerintah Tak Ikut Campur soal Produksi Mobil Esemka

Oleh Septian Deny pada 24 Okt 2018, 16:19 WIB
Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, jika urusan produksi mobil esemka dilakukan oleh industri. Dia hanya mendorong agar mobil buatan anak bangsa ini dikembangkan dan diproduksi massal.

Dia mengungkapkan, mobil esekma pada dasarnya merupakan purwarupa yang dihasilkan oleh anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Ini kan mobil esemka dulu produk uji coba, prototipe dari anak-anak SMK dibantu beberapa teknisi dari perusahaan besar. Kemudian jadi yang namanya mobil esemka, kan bagus," ujar dia di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018).

Ketika menjadi Walikota Solo, lanjut Jokowi, ia hanya mendorong agar mobil esemka ini diuji kelayakanya. Jika memang sudah layak, maka bisa dikerjasamakan dengan industri untuk diproduksi massal.

‎"Saya waktu jadi walikota hanya mendorong, agar mobil itu bisa uji emisi, uji layak jalan, hanya itu. Setelah jadi diserahkan kepada industri. Mau diproduksi ya bukan urusan kita. Masa Presiden mau bikin pabrik sendiri," ungkap dia.

Menurut Jokowi sekarang apakah mobil tersebut akan diproduksi atau tidak, tergantung dari produsennya. Namun jika‎ mobil esemka ini benar-benar akan diproduksi massal, maka Jokowi akan sangat mengapresiasi.

"Itu dikerjakan penuh oleh industri, urusan saya, urusan apa dengan esemka, enggak ada urusan pemerintah. Itu dikerjakan penuh oleh industri, dikerjakan swasta. Kita enggak ikut campur di situ. Tapi kalau jadi, saya akan datang, karena jelas brand Indonesia," tandas dia.

2 of 2

Mobil Esemka Muncul Jelang Pilpres, Timses Jokowi: Itu Kebetulan

Esemka Garuda 1
Foday Landfort diproduksi oleh Guangdong Foday Automobile Co., (Chinaautoweb)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Abdul Kadir Karding angkat bicara mengenai kritikan pihak oposisi mengenai rencana kemunculan mobil Esemka jelang Pilpres 2019.

"Soal kritik munculnya ketika mau Pilpres itu, kayaknya kebetulan aja. Tapi faktanya yang penting sekarang sudah ada," kata Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

 

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan seharusnya semua pihak dapat memberikan dukungan untuk mobil Esemka. Sehingga menjadi hasil produksi dari anak-anak bangsa.

Tak hanya itu, Karding menyebut produksi mobil Esemka sekaligus guna mengakomodir keahlian yang ada di setiap sekolah.

"Jadi ini harus didorong bersama agar nanti bisa kompetitif di pasar," ucapnya.

Sebelumnya, Esemka merupakan merek mobil buatan Indonesia yang melambungkan nama Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Surakarta. Kini mobil Esemka sudah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap