Sukses

3 Tips Atur Keuangan untuk Pengusaha

Tiga tips ini akan membantu pemilik bisnis tentang bagaimana wirausahawan dapat mengelola uang mereka untuk membangun bisnis yang sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar ide yang bagus. Pengusaha juga harus memiliki keterampilan manajemen uang yang baik untuk membuat bisnis mereka sukses.

Tiga tips ini akan membantu pemilik bisnis tentang bagaimana wirausahawan dapat mengelola uang mereka untuk membangun bisnis yang sukses.

Berikut uraiannya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Pahami hubungan Anda dengan uang

Anda disarankan untuk menganalisis perilaku Anda dan karakteristik untuk memahami apa kekuatan dan kelemahan Anda ketika berhadapan dengan mengelola uang.

Banyak orang kaya tetap kaya dengan berperilaku seperti orang miskin, sementara banyak orang miskin tetap miskin dengan berperilaku seperti orang kaya.

Anda harus menyadari bahwa usaha bisnis adalah seperti manusia lain, dan sebelum Anda dapat membantu orang lain itu berhasil, Anda harus memahami bagaimana memaksimalkan kekuatan Anda sendiri dan mengelola kelemahan Anda terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pahami hubungan pasangan Anda dengan uang

Terlepas dari apakah Anda suka mengakuinya, hubungan pribadi Anda dengan pasangan Anda atau orang lain yang signifikan memiliki dampak besar pada keberhasilan atau kegagalan keuangan pribadi Anda. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa uang adalah salah satu penyebab terbesar konflik dalam pernikahan dan hubungan serupa.

3 dari 3 halaman

3. Selalu bayar diri Anda terlebih dahulu

Anda telah bekerja keras, jadi Anda harus belajar untuk menghargai diri sendiri. Lakukanlah apa yang bisa membuat Anda bahagia. Anda berhak mendapatkan itu semua atas jerih payah yang Anda lakukan selama ini. Tetapi, Anda tetap harus menyimpan sebagian uang yang didapatkan untuk ditabung.

Namun, hambatan terbesar Anda untuk mempertahankan keseimbangan tabungan yang sehat adalah diri Anda sendiri. Anda harus disiplin, belajar memprioritaskan, menunda kepuasan diri sendiri, dan yang paling penting, pisahkan keinginan dari kebutuhan Anda untuk membiarkan tabungan ada ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini