Jangan Panik, Ini Cara Berhemat di Tanggal Tua!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 24 Okt 2018, 19:00 WIB
Ilustrasi uang

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki minggu ketiga setiap bulannya, tak jarang kondisi keuangan seolah makin kembang-kempis. Jika tidak diantisipasi secara cepat, kehidupan serba ala kadarnya pun akan dimulai. Menu nasi ayam bakar pun segera berganti menjadi nasi mi instan.

Salah sendiri, siapa suruh hidup boros sesaat setelah gajian? Daripada menyesal dan menangisi keadaan yang sudah terjadi, sebaiknya lakukan tips berhemat berikut ini saat tanggal tua tiba seperti dikutip dari Cermati.com. Dijamin hidup tidak akan semelerat yang dibayangkan di awal.

1. Atur Sisa Gaji Sebaik Mungkin

Jangan hanya menatap dompet yang makin hari semakin menipis. Tapi pikirkan cara terbaik untuk mengatur sisa gaji tersebut sebaik mungkin.

Mulailah dari membuat daftar biaya makan, lalu lanjut ke biaya lain seperti biaya transportasi, internet, pulsa dan sebagainya.

Jika Anda merasa daftar pengeluaran tersebut terlalu banyak, pangkas sebagian biayanya. Sesuaikan pengeluaran dengan sisa gaji yang dimiliki agar Anda tidak perlu berutang untuk melanjutkan hidup hingga akhir bulan dan tanggal gajian tiba. (Baca Juga: Apakah Keuangan Anda Sehat? Cek di Sini)

2 of 4

2. Bangun Lebih Pagi untuk Belanja ke Pasar

Bangun Pagi Hari Ciri Orang Sukses?
Ilustrasi bangun tidur pagi hari. (via: moodster.id)

Kebiasaan sarapan dan makan siang di luar sebaiknya dihilangkan karena sisa gaji yang tidak seberapa. Atur waktu tidur dengan baik agar Anda bisa bangun lebih pagi dan pergi belanja ke pasar. Setelah itu, siapkan menu sarapan dan makan siang untuk dibawa ke kantor nanti.

Tentu saja, mengubah kebiasaan bangun pagi menjadi tantangan tersendiri bagi yang sering bangun kesiangan. Namun jika tidak diubah dari sekarang, kebiasaan ini akan menjadi semakin parah.

Lagi pula, bangun pagi banyak manfaatnya. Selain menyiapkan menu makanan lezat, Anda juga bisa olahraga pagi untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum bekerja.

3. Bawa Bekal Makanan dan Minuman Sendiri

Bawalah makanan yang dimasak untuk bekal makan siang di kantor. Jangan lupa membawa minuman juga sebagai pelengkap. Jika hal ini dilakukan setiap hari, pengeluaran akan berkurang dengan sendirinya, sehingga sisa gaji bisa menghidupi sebelum tanggal gajian tiba.

Supaya tidak bosan, buatkan bekal makan siang yang bervariasi. Jika menu hari ini nasi ayam goreng, menu besok bisa nasi telur. Begitu juga dengan minuman, Anda bisa membawa jus sebagai pendamping air putih agar gizi dalam tubuh terpenuhi.

3 of 4

4. Berburu Diskon di Akhir Bulan

20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan
Meriahkan HUT RI Ke-72, Mendag-Menpar Luncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia (iStock Photo)

Pesta diskon sering terjadi saat akhir bulan tiba. Manfaatkan diskon seperti ini untuk memangkas pengeluaran di akhir bulan. Pergilah ke supermarket untuk melihat-lihat diskon. Apabila barang yang dicari kebetulan lagi diskon, belilah saat itu juga.

Selain diskon dari supermarket, Anda juga bisa memanfaatkan diskon dari e-commerce yang ada di Indonesia. Apabila belanjaan memenuhi minimum pembelian yang ditetapkan, Anda akan dibebaskan dari ongkos kirim barang. Lumayan, bukan?

5. Nebeng Sama Teman

Jika tempat tinggal kebetulan berdekatan dengan salah satu rekan kerja di kantor, jangan malu untuk meminta tumpangan. Apalagi jika Anda sudah terburu-buru, ditambah lagi kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk naik taksi atau ojek online.

Jika Anda minta tolong dengan baik, rekan kerja pasti tidak akan keberatan membantu. Apalagi tujuan kalian berdua juga sama. Agar tidak disangka memanfaatkan orang lain, Anda bisa menjelaskan alasan yang sebenarnya.

4 of 4

6. Memanfaatkan Simpanan Uang Receh

Ilustrasi pasangan diskusi keuangan.
Pasangan mendiskusikan soal uang/finansial. (Foto: pexels.com)

Disaat seperti inilah uang receh yang dikumpulkan sangat bermanfaat. Sekarang saatnya menggunakannya untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan demi bertahan hidup.

7. Mencari Kerja Paruh Waktu

Jika isi dompet benar-benar hampir habis, carilah cara untuk mengisinya kembali. Salah satunya dengan bekerja paruh waktu. Cari pekerjaan yang bisa dilakukan setelah pulang kerja, sehingga pekerjaan kantor tidak terganggu.

Di Indonesia sendiri, mencari pekerjaan paruh waktu sedikit sulit. Tapi dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang, menambah pemasukan bisa dilakukan melalui internet. Anda bisa menjadi seorang penulis lepas, penerjemah, atau membuka jasa desain website secara online. Upah yang diperoleh juga lumayan besar, lo.

Siasati Keuangan dengan Cermat saat Uang Cekak

Setiris apapun kondisi dompet saat akhir bulan, bukan berarti tak bisa bertahan hidup hingga gajian tiba. Asal ada kemauan keras untuk hidup sederhana dan apa adanya, dengan uang yang seadanya pula, kebutuhan selama akhir bulan pun bisa dipenuhi tanpa frustasi.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by