Sukses

Strategi Garuda Indonesia Berdamai dan Bikin Bahagia Karyawannya

PT Garuda Indonesia Tbk memberi beberapa kelonggaran dan aturan baru lebih baik bagi karyawannya. Apakah saja itu?

Liputan6.com, Denpasar - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk beberapa waktu lalu sempat mendapat kecaman dari serikat-serikat karyawannya. Bahkan, serikat pilot mengancam akan melakukan aksi mogok.

Direktur Human Capital PT Garuda Indonesia Tbk, Heri Akhyar, menyebutkan untuk memperbaiki sesuatu memang harus dimulai dari dalam diri sendiri.

"Kita lihat sekarang serikat-serikat tidak pernah protes," kata Heri saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, ditulis Senin (22/10/2018).

Heri menjelaskan, untuk membuat karyawan hepi (senang) tidak hanya soal menaikkan gaji. Akan tetapi, memberi beberapa kelonggaran dan aturan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

"Tidak hanya soal menaikkan gaji, banyak hal yang bisa kita lakukan," ujar dia.

Heri mencontohkan, saat ini karyawan Garuda Indonesia bisa berpenampilan lebih santai dengan memakai celana jeans dan kaos polo serta sepatu kets.

Penampilan tersebut bahkan dipelopori oleh Direktur Utama yang baru yaitu I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang berpenampilan santai dengan kemeja dan celana jeans serta sepatu kets. Sebelumnya, semua karyawan selalu diwajibkan memakai seragam.

Saat ini, karyawan yang memakai seragam hanya bagian front office yaitu karyawan yang langsung melayani pelanggan seperti di bagian check in pesawat. "Bebas, sekarang lebih relaks (santai)," ujar Heri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jurus Lainnya

Selain itu, perusahaan juga memberikan cuti tahunan tambahan selama 2 hari. Serta pemberlakuan cuti setengah hari.

"Kita juga cuti setengah hari suka ada ngantar anak ke sekolah atau pergi ke dokter, jadi tidak perlu bolos seharian," ujarnya.

Cuti hamil dan melahirkan bagi karyawan perempuan pun ditambah semula 3 bulan menjadi 5 bulan. "Yang hamil selama ini 3 bulan jadi 5 bulan buat menyusui tidak cukup 3 bulan," kata dia.

Cuti ayah bagi yang istrinya melahirkan pun mendapat tambahan semula 2 hari menjadi seminggu atau 7 hari. Selain itu, perusahaan juga menyediakan bus woro wiri gratis untuk karyawan yang tinggal di daerah Tangerang sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

PT Garuda Indonesia Tbk menyediakan tempat bekerja kekinian atau co working space untuk karyawan. semua bisa menggunakan tempat tersebut tanpa ada batasan perbedaan jabatan atau karir. Kemudian waktu kerja 8 jam yang lebih fleksibel sehingga karyawan terutama kru kabin bisa pulang lebih cepat.

"Co working space tanpa membedakkan kasta. Cabin crew sudah lebih dekat dengan keluarga batasnya jam 6 sudah pulang agar saat kerja tidak main-main dan makan siangnya tidak kemana-mana," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.