Sukses

Tarik Investasi, Sri Mulyani Siap Beri Insentif Tambahan

Di tengah kondisi global yang tidak menentu, negara berkembang harus memutar otak demi menarik aliran investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian keuangan saat ini tengah membahas mengenai beberapa kemungkinan relaksasi terhadap beberapa kebijakan fiskal. Upaya ini dilakukan demi mendorong peningkatan investasi ke Indonesia.

Menurut Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, di tengah kondisi global yang tidak menentu saat ini, negara berkembang wajib melakukan berbagai cara demi mempertahankan dan menarik aliran modal investasi.

"Berbagai kemungkinan relaksasi instrumen fiskal ini sedang kita rumuskan. Karena kita sedang upayakan bagaimana semua ini bisa sedinamis mungkin. Tujuannya untuk mendorong investasi dan mengurangi risiko investor juga," kata Sri Mulyani di kantornya, Kamis (18/10/2018).

Setidaknya ada beberapa insentif yang nantinya akan direlaksasi. Dari sekian banyak tersebut, disebutkan, salah satunya adalah kemungkinan relaksasi tax holiday dalam PMK No 35 Tahun 2018, khususnya mengenai batasan investasi.

Dalam aturan saat ini, minimal investasi yang bisa mendapatkan fasilitas tax holiday tersebut adalah Rp 500 miliar. Namun ada rencana untuk angka tersebut diturunkan.

Selain itu, Kemenkeu juga berencana menerapkan ketentuan pajak tidak langsung untuk industri hulu migas. "Ini yang rencananya dalam waktu beberapa minggu ke depan akan kita keluarkan," tambah Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Insentif

Video Terkini