Sukses

Sri Mulyani: Lulusan STAN Harus Bisa Jawab Tantangan Ekonomi RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan pentingnya pengelolaan keuangan negara demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan pentingnya pengelolaan keuangan negara demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur.

Hal ini dia sampaikan ketika mewisuda 5.523 mahasiswa/mahasiswi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di ICE BSD, Banten, Kamis (18/10/2018).

"Anda semua adalah menjadi pengelola dan penjaga dari keuangan negara RI. Keuangan negara adalah instrumen yang sangat penting dalam kita memajukan bangsa dan untuk menciptakan kesejahteraan yang berkeadilan untuk bangsa Indonesia," kata dia.

Dia mengharapkan, para generasi muda, terutama lulusan PKN STAN, selalu mau belajar untuk menambah wawasan agar mampu mengenali semua tantangan dalam perekonomian, baik domestik maupun global.

"Tantangan ke depan tidak semakin mudah. Perubahan teknologi, bonus demografi, lokasi geografis perubahan perekonomian secara global dan regional perlu terus-menerus dihadapi dan diformulasi kebijakan," ungkapnya.

"Saya harap generasi muda selalu mau belajar dan tidak berhenti belajar, terus meningkatkan kemampuan diri sehingga Indonesia bisa semakin maju," ujar Sri Mulyani.

 

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lulusan STAN Punya Peran Penting

Dia pun menegaskan, PKN STAN merupakan institusi yang berada di bawah Kementerian Keuangan dan telah melahirkan para pejabat terbaik, yang saat ini memiliki peran di level pembuat kebijakan dan pengambil keputusan. Lulusan STAN berperan penting dalam membuat kebijakan penting yang berkaitan dengan keuangan negara.

"PKN STAN telah melahirkan punggawa, pengelola, dan penjaga keuangan negara, lihat yang duduk di barisan depan. Saya lihat Dirjen Pajak Pak Robert, Dirjen Bea Cukai, Sekretaris Menko Perekonomian. Mereka sudah berada di puncak karier dengan memulai pendidikan di STAN, sekarang menjadi birokrat yang menentukan nasib bangsa Indonesia," tegas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun meminta kepada 5.523 mahasiswa PKN STAN yang baru diwisuda untuk bisa menjadikan para seniornya sebagai contoh, agar bisa juga mengawal, menjaga, serta mengelola keuangan negara.

"Karena itu saya ingin para mahasiswa untuk selalu melihat contoh, role model mereka yang Anda bisa ikuti," ujar Sri Mulyani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.