Sukses

Punya Nama Unik Bisa Menguntungkan Karier Anda, Kenapa?

Siapa sangka, memiliki nama unik berpengaruh pada kesan diri dan bisa menguntungkan karier Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum era internet, ketika Anda ingin mengenal seseorang Anda harus berbicara dengan orang tersebut atau seseorang yang kenal mereka. Namun, saat ini kita sudah memasuki era digital, dan semuanya berubah. 

Kini ketika seseorang ingin mengetahui sesuatu tentang diri Anda, mereka tinggal mengetik nama Anda di Google. Bahkan, muncul istilah Digital First yang dicetuskan oleh Mitch Joel. Digital First berarti kesan pertama digital Anda lebih penting daripada kesan pertama secara langsung. 

Dilansir dari Forbes, Digital First ini disebut-sebut berimplikasi pada banyak hal, salah satunya nama Anda. Ketika seseorang mencari nama Anda di internet, Anda ingin hasil pencariannya sejelas mungkin dan sepenuhnya tentang Anda.

Kejelasan ini memungkinkan siapapun yang mencari tahu tentang Anda, perekrut misalnya, untuk benar-benar mengetahui diri Anda. Ketika hasil pencarian tentang Anda bercampur dengan konten-konten orang lain yang memiliki nama mirip dengan nama Anda, ini akan menyulitkan dan membingungkan.

Ketika Anda memiliki nama yang unik, hasil pencarian tentang Anda kemungkinkan besar akan lebih jelas, sehingga perekrut bisa mendapat kesan yang lebih akurat tentang siapa Anda. 

Ini pun bila citra yang Anda tampilkan di online sesuai dengan diri Anda yang sesungguhnya. Tujuannya adalah agar saat seseorang bertemu langsung dengan Anda, mereka memiliki kesan yang sama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Anda dengan nama pasaran

Nama yang unik ini juga tidak sama dengan memilki nama yang umum dengan penulisan yang unik. Sebaliknya, nama yang sulit dieja bisa menyulitkan Anda. Jika seseorang yang mencari Anda salah mengeja nama Anda, Anda malah akan semakin sulit untuk dicari.

Hal ini bukan berarti Anda yang memilki nama yang pasaran harus mengubah nama. Anda tetap bisa mempengaruhi hasil pencarian Google tentang Anda. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah personal branding. 

Saat ini orang semakin mahir dalam menggunakan mesin pencari. Kemungkinan besar saat seseorang tidak menemukan apa yang mereka cari saat memasukan nama Anda pada hasil pencarian, mereka akan menambahkan satu atau dua kata. 

Untuk memanfaatkan ini, Anda bisa menggunakan beberapa kata atau frasa yang selalu Anda masukan dalam setiap unggahan Anda di internet. Dengan demikian, saat orang mengetik nama Anda beserta kata-kata tersebut ke dalam mesin pencari, mereka akan mendapatkan hasil yang mereka cari tentang diri Anda. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini