5 Tips Jitu Travelling Irit, Ini Caranya!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Okt 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi travelling

Liputan6.com, Jakarta - Travelling menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan paling diminati hampir semua kalangan, baik muda atau orang tua. Bahkan, tak sedikit orang yang menjadikantravelling adalah sebuah kebutuhan dan gaya hidup yang wajib dipenuhi.

Tapi walau telah begitu populer, sebagian orang masih beranggapan bahwa travelling merupakan hobi mahal yang membutuhkan bujet besar. Lalu, mungkinkah aktivitas seru ini dilakukan dengan bujet hemat alias irit?

Tidak selalu mahal, Anda juga bisa menikmati travelling dengan bujet yang rendah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan liburan nyaman walau dengan bujet kecil.

Tentu saja, cara Anda menikmati travelling pasti akan sangat memengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Semakin nyaman dan mewah fasilitas yang Anda gunakan, maka semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan.

Namun jika sejak awal Anda jeli dalam mengatur segala sesuatunya, maka bukan tidak mungkin Anda bisa bepergian ke berbagai destinasi wisata dan menikmati perjalanan liburan menyenangkan dengan bujet kecil. Untuk itu rencanakan perjalanan Anda dengan tepat, sehingga tak harus mengeluarkan banyak uang saat travelling.

Bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara jitu travelling yang tak menguras banyak uang.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 of 4

1. Pilih Hari Kerja (Weekday)

[Bintang] Kalender
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: ep.jhu.edu)

Travelling di musim liburan adalah “malapetaka” untuk keuangan, sebab momen ini bisa saja membuat Anda mengeluarkan bujet yang besar. Maka hindari sejak awal, sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak uang saat travelling.

Pilihlah travelling pada tanggal lainnya di luar musim liburan dan juga tanggal merah atau akhir pekan (weekend), sehingga bisa menikmati perjalanan liburan yang menyenangkan dan tetap murah. Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk tiket perjalanan, hotel, dan lainnya di hari kerja ini.

Momen liburan yang seperti ini juga akan memungkinkan Anda menikmati travelling dengan lebih nyaman dan maksimal, karena tidak banyak orang yang akan bepergian dan menikmati liburan di momen tersebut. (Baca Juga: Wujudkan Mimpi Keliling Dunia, Ini Tips bisa ‘Travelling’ Tiap Tahun)

2. Pilih Destinasi yang Tepat dan Murah

Pilih destinasi liburan yang tepat, di mana Anda dapat menikmati travelling dengan bujet yang hemat. Beberapa destinasi favorit mungkin saja akan menerapkan biaya tinggal yang cukup tinggi, sehingga Anda akan membutuhkan bujet besar untuk mengunjunginya.

Jika mau, Anda bisa memilih destinasi lainnya yang dapat Anda datangi dan nikmti dengan biaya yang murah meriah. Karena ada banyak tempat wisata yang sangat ekonomis untuk dikunjungi.

3 of 4

3. Beli Tiket Perjalanan Jauh-Jauh Hari dan Memanfaatkan Momen Promo

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari adalah keputusan yang tepat, karena Anda bisa memiliki waktu yang cukup untuk mengatur segala sesuatunya. Hal ini juga akan memberikan Anda banyak kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga terbaik, termasuk menemukan momen promo tiket termurah di dalam travelling Anda.

4. Tinggal di Penginapan Murah

Anda travelling bukan untuk tidur-tiduran saja di hotel, namun menikmati destinasi yang dikunjungi. Pilih hotel yang murah saja, karena hanya akan Anda gunakan untuk istirahat di malam hari. Pun demikian, pertimbangkan juga kebersihan dan juga kenyamanan yang ditawarkan penginapan, agar Anda bisa beristirahat dengan baik nantinya. (Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?)

4 of 4

5. Gunakan Transportasi Umum

[Bintang] Kereta Bawah Tanah
Ilustrasi kereta bawah tanah. (Sumber Foto:Pexels)

Gunakan transportasi umum selama travellling, sehingga Anda bisa menghemat biaya perjalanan selama liburan. Cari informasi mengenai moda transportasi ini sejak awal, termasuk jadwal, rute dan juga harga tiket yang mereka terapkan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bepergian dengan leluasa dan tetap hemat sepanjang liburan.

Rencanakan dengan Baik dan Nikmati Liburan yang Menyenangkan

Travelling tidak selalu mahal, terutama jika Anda bisa memilih cara yang tepat untuk menikmatinya. Rencanakan liburan Anda dengan baik sejak jauh-jauh hari, termasuk biaya dan berbagai hal penting lain di dalamnya. Hal ini akan membantu Anda berhemat dan bisa menikmati travelling yang berkualitas dan menyenangkan.

Lanjutkan Membaca ↓